Journal

Nama Tujuh Benua Terbesar Yang Ada Di Dunia

tujuh benua
4. Benua Antartika 

Benua Antartika merupakan benua keempat terbesar di dunia, dengan luas sekitar 13.720.000 kilometer persegi. Selain itu, benua ini selalu diselimuti oleh salju sepanjang tahunnya dan disebut juga sebagai temapat terdingin di muka bumi sebab benua ini memiliki kelembaban/suhu rata-rata terendah di muka bumi.

Antartika tidak memiliki negara, sehingga tidak ada penduduk tetap yang tinggal di benua ini. Apabila ada penduduk yang menetap di benua ini, kemungkinan mereka hanya berada di batas waktu tertentu (sementara) dan hanya melakukan penelitian.

5. Benua Eropa

Benua yang dijuluki benua biru ini memiliki luas sekitar 10.180.000 kilometer persegi, dengan luas yang dimiliki benua ini menjadi benua kelima di dunia. Benua ini memiliki populasi penduduk sekitar 741.4 juta berdasarkan sensus tahun 2016.

Eropa di batasi dengan Benua ini di batas dengan Laut Artik, Norwegia, dan Barents di bagian utara serta Laut Tengah, Benua Afrika, Selat Bosphorus, Dardania, Giblatar, dan laut hitam di bagian selatan. Sedangkan bagian barat, benua ini di batasi dengan Samudera Atlantik serta Laut Kaspia dan Benua Asia di bagian timur.

Secara geologis dan georafis, Benua Eropa memiliki kondisi alam yang memiliki dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan dan semenanjung-semenanjung yang dibagi menjadi lima wilayah. Pembagaian wilayah terseut terdiri dari lima wilayah dan didalamnya terdapat 41 negara.

Wilayah Eropa Utara memiliki lima negara, di Eropa Timur ada 10 negara, dan di Eropa Selatan memiliki 12 negara. Kemudian di wilayah Eropa Tengah terdapat lima negara, dan selanjunya Eropa Barat dengan sembilan negara di wilayahnya.

6. Benua Australia

Terakhir, benua terbesar atau terkecil di dunia yakni Benua Australia yang memiliki luas sekitar 9.008.500 kilometer persegi atau 5,9 persen. Berdasarkan sensus yang dilakukan di tahun 2016, benua ini memiliki populasi penduduk sekitar 31,29 juta.

Benua Australia terletak di belahan bumi selatan yang dibatasi dengan dengan Laut Timor, Arafuru, dan Koral di bagian utaranya. Sedangkan bagian barat dan selatan, benua ini dibatasi dengan Samudera Hindia serta Samudera Pasifik di bagian timur. Di benua ini hanya terdapat delapan negara yang dipenuhi dengan penududuk.

<<< Sebelumnya Tujuh Benua Di Dunia       Tujuh Benua dunia

Comments (1)

  1. […] Nama Tujuh Benua Terbesar Yang Ada Di Dunia June 3, 2020 […]

Comment here