Nama Tujuh Benua Terbesar Yang Ada Di Dunia

Moslem Journey – Dunia memiliki tujuh benua yang terdapat banyak negara dan dihuni oleh banyak orang di dunia. Benua adalah daratan rendah/tinggi tidak beraturan luas yang kita tinggali saat ini. Daratan tersebut terbentang antar alam dan dibatasi atau dikelilingi oleh samudera, pegunungan, dan laut.

Dari ketujuh benua tersebut, Benua Asia adalah benua terbesar dan Benua Australia menjadi benua terkecil di dunia. Selain itu, di ketujuh benua tersebut juga terdapat benua yang tidak dihuni oleh orang-orang dari berbagai negara di dunia.

Nama Tujuh Benua Di Dunia

1. Benua Asia

Benua Asia merupakan benua terluas di dunia dari ketujuh benua lainnya dengan luas sekitar 44.579.000 km persegi atau sekitar 29.5 persen dari total luas daratan di dunia. Selain itu , di tahun 2016 Asia tercatat sebagai benua yang memiliki populasi terbanyak mencapai sekitar 4,4 miliar jiwa atau 60 persen penduduk dunia.

Benua ini di batasi dengan Samudera Arktik dan Selat Bering di bagian utara, Samudera Hindia, Laut Tengah, dan Benua Antartika di bagian selatan. Sedangkan bagian barat, benua ini di batasi dengan Benua Eropa, Pengunungan Ural, Laut Tengah, dan Terusan Suez. Dan bagian timur di batasi dengan Samudera Pasifik dan Benua Amerika.

Asia terdapat 45 negara yang di bagi menjadi lima wilayah, yakni wilayah Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Tengah, Asia Barat, dan Asia Selatan. Di Asia Timur terdapat delapan negara, Asia Tenggara, Asia Tengah ada 11 negara, 14 negara di Asia Barat, dan delapan negata di Asia Selatan.

2. Benua Amerika

Benua Amerika merupakan benua terbesar kedua di dunia yang memiliki luas total sekitar 48.210.000 km pesergi. Namun luas tersebut merupakan merupakan dari dua bagian benua Amerika, yakni Amerika Selatan dan Amerika Utara. Menurut catatan di tahun 2016, total populasi di benua ini sebanyak sekitar 1.000 juta-an jiwa.

Kedua Benua Amerika ini dibatasi dengan Laut Arktik, Selat Davis, dan Pulau Greenland di bagian utara serta Laut Kutub atau Antartika dan Samudera Pasifik Bagian Selatan di bagian selatan. Sedangkan bagian barat benua ini batasi dengan Samudera Pasifik dan Selat Bering serta Samudera Antartika, Teluk Meksiko, dan Karibia di bagian timur.

Di dua benua ini terdapat, 22 negara beserta 25 negara dependen atau wilayah yang masuk teritorial negara lain. Dari total negara yang ada di Benua Amerika, Amerika Utara/Tengah terdapat 10 neraga dan Amerika Selatan terdapat 12 negara. Sedangkan untuk 25 negara dependen merupakan wilayah dari negara yang terdapat di Eropa.

3. Benua Afrika

Benua dengan julukan A land of great diversity karena memiliki keragaman struktur tanah, alam, flora, fauna, dan manusia dengan kebiasannya ini memiliki luas 30.370.000 km persegi dan menjadi benua terbesar ketiga di dunia. Dalam sensus tahun 2018, penduduk di benua di memiliki populasi sekitar 1.3 miliar jiwa.

Afrika dibatasi dengan Selat Gibraltar, terusa dan Teluk Suez, dan Laut Merah di bagian utara serta Samudera Atlantik dan Hindia di bagian selatan. Sedangkan bagian barat dibatasi dengan Samudera Atlantik serta Samudera Hindia dan Lau