BeritaNasional

Mulai Hari Ini, PT. KAI Kembali Mengoperasikan Kereta Api Jarak Jauh

Kereta Api Jarak Jauh

Moslem Journey – Kereta api jarak jauh dan kereta api lokal reguler kembali dioperasikan kembali oleh PT. Kereta Api Indonesia (PT KAI – Persero) pada Jumat (12/6). Bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta api, sudah dapat memesan tiket secara online.

Pengoperasionalan kereta api (KA) kedua jarak tersebut meepatan ngacu pda Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Kiteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Virus Corona.

Pengoperasionalan kembali kereta api jarak jauh tersebut, juga turut menyesuaikan Surat Edaran at Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona.

Dikutip dari CNN Indonesia, PT KAI akan mengawali dengan menawarkan perjalalanan sebanyak 14 KA jarak jauh dan 23 KA lokal reguler. Pada tahap awal ini, KA yang akan dioperasikan dari dan menuju stasiun Cirebon, Yogyakarta, Solo Balapan, Purwokerto, Semarang Poncol, dan Kiaracondong.

Selain itu, KA dari dan menuju stasiun Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Ketapang, dan berbagai stasiun lainnya, akan dioperasikan sesuai dengan jadwal perjalanan KA lokal reguler yang beroperasi. Khusus KA lokal reguler yang beroperasi pada 12 Juni, merupakan penambahan frekuensi perjalanan dari KA yang sudah beroperasi.

“Tiket sudah dapat dipesan seara online melalui aplikasi KAI Access dan cahnnel online lainnya sejak H-7 keberangkatan KA. Sedangkan perjualanan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum keberangkatan KA,” kata Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi, dikutip dari CNN Indonesia.

Pada tahap awal, PT KAI hanya akan menjual 70 persen tiket dari kapasitas tempat duduk yang disediakan KA. Hal ini bertujuan untuk dapat menjaga jarak aman antar penumpang selama perjalanan. Jumlah ini lebih banyak dari pembatasan kapasitas penumpang KA sebelumnya yang dibatasi maksimal 50 persen penumpang.

Bagi penumpang yang memiliki usia di atas 50 tahun, petugas akan mengatur tempat duduknya saat selama perjalanan sehingga tidak bersebelahan dengan penumpang lain. Hal ini dilakukan, karena penumpang di atas umur 50 tahun rentang/mudah tertapapar dengan virus corona.

Khusus untuk penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan KA jarak jauh, diwajikan untuk selalu menggunakan pelindung wajah yang disediakan oleh PT KAI selama perjalanan hingga meninggalkan kawasan area stasiun tujuan.

Bagi calon penumpang KA jarak jauh juga diwajibkan untuk melengkapi persyaratan sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas Virus Corona No. 7 Tahun 2020. Diantara lain, surat keterangan uji tes polymerase chain reaction (PCR) dengan hasil negatif atau surat keterangan uji rapid test dengan hasil non reaktif pada saat keberangkatan.

Calon penumpang juga harus menunjukkan surat keterangan bebas gejala virus corona, seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR dan atau rapid test.

Comment here