BeritaNasional

Mulai Agustus, Usaha Travel Umrah Akan Mengurus Izin Ke BKPM

Usaha Travel Umrah

Moslem Journey – Mulai bulan depan, usaha travel umrah akan mengurus izin dan berkoordinasi dengan Badan Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM). Peralihan tersebuut sesuai degan melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2019 tentang Percepatan Kemudahan Berusaha.

“Sejak adanya Inpres Nomor 7 Tahun 2019, BKPM bertamah wewenangnya untuk megurus perizinan dari  22 Kementerian Lembaga (K/L) termasuk izini travel umrah yang di muali per Agustus,” kata Tina dalam webinar denga BNPB Idonesia, Jumat (17/7) yang dilansir dari media online Detik.

Selain pengurusan izin usaha travel umrah, peralihan ini juga berlaku pada izin pinjam pakai kawasan hutan (IPPKH) untuk industri pertambangan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan investor mengurus perizinan yang hanya melalui satu pintu.

Meurut Tina, dengan adanya IPPKH untuk industri pertambangan yang berada di BKPM sama dengan pengurusan izin usaha travel umrah membuat kemudahan berusaha dan supaya para pelaku usaha tidak memerlukan waktu yang terlalu lama.

Dari sisi insentif, BKPM juga dapat menerima limpahan tugas dari seluruh fasilitas investasi termasuk insetif fiskal seperti tax holiday (fasilitas pengurangan pajak penghasilan) dan tax allowance (potongan pajak penghasilan) yang pada awalnya dikelolah oleh Kementerian Keuangan.

Comment here