BeritaNasional

Mulai 7 Mei, Menhub Izinkan Kembali Moda Transportasi Beroperasi Bersyarat

Moda Transportasi Beroperasi

Moslem Journey – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, izinkan kembali moda transportasi beroperasi mulai Kamis (7/4), namun transportasi tersebut harus memenuhi syarat/kiteria yang diberlakukan.

“Rencana pengoperasian kembali akan di mulai 7 Mei 2020, berbagai jenis moda transportasi yang di isi oleh orang-orang khusus, tapi tidak bertujuan (tidak) untuk mudik,” kata Budi yang dilansir dari Kata Data, Rabu (6/5).

Menurut Budi, Kebijakan ini dimaksudkan supaya moda transportasi angkutan logistik dapat beroperasi dan membuat perekonomian nasional tetap berjalan. Selain itu, kebijakan ini juga berlaku untuk pergerakan orang yang memiliki kepentingan khusus.

Kriteria pengecualian tersebut dapat dikatakan meliputi untuk orang yang bekerja pada bidang pertahanan, keamanan, dan ketertiban umum. Kemudian, orang yang bekerja di bidang kesehatan, kebutuhan atau pelayanan dasar, ekonomi, serta penanganan virus corona.

Kebijakan ini juga berlaku untuk pasien yang membutuhkan penanganan medis serta kepentingan/kebutuhan mendesak untuk keluarga yang meninggal dunia. Selain itu, perjalanan moda transportasi yang digunakan untuk pemulangan PMI, WNI, dan pelajar dari luar negeri ke daerah asal diperbolehkan untuk beroperasi.

Perjalanan tersebut dapat dilakukan dengan semua moda transportasi yang disediakan, yakni transportasi udara, laut, dan udara. Dengan catatan, perjalanan tersebut menggunakan dan menaati protokol kesehatan yang diberlakukan.

Budi menegaskan, kebijakan ini jangan sampai dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin mudik. Sebab kebijakan tersebut dibuat untuk merespon surat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto untuk dapat menyediakan kebutuhan penting dan mendesak untuk masyarakat.

Di lain pihak, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Doni Monardo juga menegaskan, meskipun ada kelonggaran untuk moda transportasi untuk beroperasi kembali oleh Menhub, larangan masyarakat untuk mudik tetap diberlakukan.

“Saya tegaskan, tidak ada perubahan dalam kebijakan larangan mudik sebelumnya,” kata Doni dalam konferensi pers di Graha BNPB, Rabu (6/5).

Penegasan ini dilakukan Doni karena banyak masyarakat yang beranggapan dapat melakukan mudik dari kebijakan kelonggaran moda transportasi yang beroperasi kembali ini.

Comment here