BeritaNasional

Delapan Orang Nekat Mudik Ke Cilacap, Ternyata OTG Positif Corona Dari Hasil Rapid Test

Delapan orang nekat

Moslem Journey – Delapan orang nekat mudik ke Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dinyatakan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) positif virus corona dari hasil rapid test. 

Delapan orang nekat ini diketahui pemudik asal Jakarta yang datang ke Cimanggu pada 8 April 2020 menggunakan transportasi angkutan travel, mereka naik dalam satu travel bersamaan.

Dilansir dari Pikiran Rakyat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan, dari semua hasil rapid test yang didapati para mudik dari Jakarta dengan travel ini dinyatakan positif virus corona.

Salah satu dari kedelapan orang tersebut diketahui merupakan adik dari keluarga yang ditinggalkan oleh kakaknya yang meninggal dengan gejala virus corona.

Dia mengajak ketujuh temannya untuk mudik yang ternyata positif virus corona menurut rapid test, sehingga ketujuh temannya juga turut terpapar penyakit tersebut.

“Dia mengaku saat pulang dengan travel bersama dengan tujuh orang temannya. Hasil penelusuran dan rapid test ke tujuh orang penumpang travel reaktif,” kata Pramesti.

Untuk memastikan apakah mereka terpapar dengan virus corona, mereka dibawa ke RSUD Majenang untuk melakukan swab test dan PCR.

Namun, karena mereka sehat dan tidak memperlihatkan/memiliki gejala virus corona mereka diizinkan untuk pulang untuk isolasi mandiri.

“Jadi kalau sehat, tidak ada gejala sama sekali, diperbolehkan pulang menunggu hasil swab test dengan isolasi mandiri di rumah. Pengawasan akan dilakukan oleh satuan petugas Desa dan juga Puskesmas,” kata Pramesti.

Pihaknya mengatakan, menyetujui dengan adanya aturan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah beberapa waktu yang lalu. Meski hal tersebut akan sulit dilakukan dan tidak bisa dihindari.

Data terakhir menunjukkan bahwa jumlah pemudik yang masuk ke Cilacap tercatat sebanyak 54.116 pemudik. Pramesti menambahkan, kepada para pemudik diharuskan mengikuti ketentuan kesehatan yang diberlakukan.

Diantaranya seperti melakukan pengecekan kesehatan dengan teliti dan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari secara disiplin di dalam rumah masing-masing.

Comment here