BeritaBerita UtamaNasionalTransportasi

#MojoUpdate: Perubahan Jadwal Kereta Api

Tidak hanya iklim global, jadwal kereta api juga berubah lho, Sobat Mojou.

Per 1 Desember 2019 lalu, PT. Kereta Api Indonesia memberlakukan Gapeka 2019. GAPEKA 2019 ini akan menggantikan GAPEKA tahun 2017 yang menjadi dasar penyusunan jadwal kereta, termasuk jadwal perjalanan KRL pada saat ini.

Baca juga Jangan Lupakan Ini Sebelum Naik Kereta!

Gapeka adalah Grafik Perjalanan KA (Kereta Api). Ini merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api dalam bentuk grafis. Dasar hukumnya ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, dalam Keputusan Menteri Perhubungan No: KP.1781 Tahun 2019 Tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2019.

Diretur Utama PT. KAI (Persero), Edi Sukmoro, menegaskan bahwa Gapeka 2019 dibuat untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan akan layanan kereta api yang dapat diandalkan.

Melalui press release Hubungan Kemasyarakatan PT. KAI (Persero), diketahui bahwa penggantian Gapeka ini dilakukan karena sejak 2017 terjadi begitu banyak perkembangan perkeretaapian.

Berikut kami rangkum informasi perubahan jadwal, perubahan waktu tempuh, perpanjangan relasi, hingga kereta api baru.

Seperti, pengoperasian Jalur Ganda Lintas Selatan Jawa dan Sumatera, Penambahan Lintas Baru (LRT Sumatera Selatan), penambahan Stasiun, penambahan kecepatan prasarana, dan penetapan perjalanan KA baru. Perubahan waktu tempuh kereta api dimaksudkan untuk memangkas waktu tempuh. Tidak hanya itu, kini Gapeka 2019 melayani banyak kereta api.

Diharapkan Sobat Mojou dapat melakukan cek ke website yang Kereta Api Indonesia secara berkala dan datang ke stasiun lebih awal, ya!

Baca juga Mulai Bulan November, Stasiun Bekasi Melayani Pemberangkatan KA Jarak Jauh

 

Referensi:
indonesiabaik.id
kai.id

foto: keretapikita

(fnrp)

Comment here