ArtikelPilihan

“Mobilemoon” Istilah Baru Untuk Para Solo Travelling

Moslem Journey – Solo travelling kini menjadi kegiatan tren yang dilakukan para traveler. Masih dengan melakukan solo travelling, kini muncul istilah baru untuk mengunjungi destinasi yang ingin di kunjungi. Istilah terbaru itu adalah “mobilemoon”, bagi solo travelling, mobilemoon adalah kegiatan perjalanan yang ditemani oleh smartphone.

Mobilemoon akan membuat traveler membuat melakukan solo travelling hanya dengan ditemani smartphone yang dimiliki. Para traveler lebih memilih untuk ditemani oleh smartphone daripada mengajak teman, dikarenakan traveler akan mengandalkan smartphone untuk mengunjugi suatu destinasi yang ingin dikunjungi mereka.

“Bertemu orang baru dan menjelajahi tempat baru, memutuskan hubungan dari pekerjaan dan kehidupan, serta meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri,” kata salah satu responden kepada Expedia saat ditanya alasan melakukan perjalanan solo seperti dikutip dari Travel and Leisure.

Menurut Expedia, salah satu perusahaan biro perjalanan, fenomena “mobilemoon” dikarenakan banyak traveler yang menginginkan kebebasan saat traveling. Para traveler ini akan menghandalkan fitur-fitur yang ada pada smartphone untuk memberikan info perjalanan.

Seperti, google maps dan beberapa aplikasi untuk memesan tiket serta memesan penginapan. Hal ini jelas lebih mudah untuk mencari info ini dengan menggunakan smartphone.

Baca juga: Ingin Travelling Dengan Biaya Murah, Begini Tipsnya

Expedia mengeluarkan hasil survei pada bulan lalu, survei ini mengatakan bahwa traveler Amerika lebih suka membawa smartphone-nya daripada membawa teman. Sekitar 80 persen traveler milinieal setuju dengan melakukan travelling sendiri.

Besar kemungkinan, para milinial ini ingin merasakan sensasi terputus dari kehidupan yang mereka kenal. Ataupun untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menumbuhkan sikap mandiri pada dirinya.

Saat melakukan solo travelling, biasanya traveler akan mulai menghilangkan rasa takutnya pada bertanya dengan orang asing, memulai percakapan dengan orang baru, mencari rute, dan menyusun jadwal perjalanan sendiri.

Maka dengan melakukan solo travelling, traveler bisa mengenal dirinya sendiri dan mencari suasana baru. Para traveler akan dipaksa untuk keluar zona nyaman sendiri dan saat itu juga.

Bukan adanya smartphone, traveler bisa mengurangi dan menghilangkan rasa ketakutan yang mereka miliki. Namun, jangan lupa kalau solo travelling juga perlu berhubungan dengan penduduk lain di tempat destinasi yang dikunjungi. (IF)

Baca juga: 4 Tipe-tipe Traveller di Dunia

Comment here