JournalKesehatan

Menjaga Kesehatan Mental Saat WFH Pademi Virus Corona

Menjaga Kesehatan Mental

Moslem Journey – Saat melakukan Work From Home (WHF) pademi virus corona, seseorang diharapkan mampu untuk menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan diri. Bukan hanya itu saja, ternyata saat penyebaran ini meluas psikologi atau kesehatan mental seseorang juga turut berdampak.

Dilansir dari media online Liputan 6, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Bambang Wibowo menyampaikan, penyebaran virus corona akan berdampak pada kesehatan tubuh serta kesehatan mental (jiwa) seseorang.

Meskipun demikian, belum ada bukti dalam penelitian khusus yang mengatakan kesehatan mental seseorang dapat dipengaruhi oleh penyebaran virus corona.

Namun apabila melihat pengalaman yang masa lalu, saat penyebaran SARS atau tsunami yang terjadi di Aceh, maka wabah atau bencana dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Yang terjadi pada saat itu, banyak orang yang merasa panik serta depresi dengan situasi yang sedang mereka alami. Sehingga, dalam keadaan tersebut dapat menurunkan imunitas atau kekebalan tubuh seseorang.

Tips Menjaga Kesehatan Mental

1. Kenali Perubahan Kondisi Diri Yang Terjadi

Dalam situasi penyebaran virus corona yang sudah terjadi selama lebih beberapa bulan di Indonesia, terkadang membuat kondisi diri seseorang mengalami perubahan emosi yang tidak menentu.

Emosi tersebut, seperti rasa cemas, khawatir, jengkel, lelah, dan pesimis. Perubahan emosi atau perasaan itu merupakan reaksi yang wajar di terima seseorang saat berdampak pada sesuatu.

Namun, perubahan reaksi emosi tersebut dapat berubah-ubah seiring berjalannya waktu atau perubahan situasi dalam segala aktivitas yang dilakukan seseorang.

Dengan adanya perubahan tersebut yang beriringan dengan upaya perubahan pikiran yang dilakukan terlalu lama pada seseorang, dapat memicu gangguan mental.

2. Buatlah List Aktivitas Penyeimbang Diri

Saat seseorang merasa reaksi emosi tidak menentu tersebut terlalu lama dirasakan, segeralah membuat rencana pola aktivitas baru yang dapat dilakukan saat di rumah saja.

Rencanakan tiga target setiap harinya untuk dilakukan dalam satu minggu, misalnya memenuhi tugas pekerjaan kantor atau sekolah, membersihkan rumah/pakaian, serta kegiatan santai untuk diri sendiri.

Buatlah daftar list aktivitas pengembangan diri, untuk mendapatkan hobi-hobi atau aktivitas baru yang dapat dikerjakan saat di rumah dan dibagikan ke sanak saudara/komunitas teman baik.

3. Tidur Malam Yang Cukup Seperti Biasa

Tidur malam merupakan kebutuhan seseorang untuk bisa mengistirahatkan tubuh dan dapat menjaga kesehatan mental seseorang dan biasanya tidur yang baik dalam satu hari biasanya berdurasi 6 hingga 8 jam dalam sehari.

Hindari tidur saat siang hari, sebab akan membuat sulit tidur saat malam hari. Selain itu, hindari smartphone saat ingin tidur dan biarkan badan menjadi refleksi dan beristirahat setelah melakukan aktivitas harian.

4. Hubungi Orang Tersanyang Atau Terdekat

Terhubung dengan orang tersayang atau teman terdekat saat mengalami emosi yang tidak karuan dapat menjaga kesehatan mental saat penyebaran virus corona dan hanya di rumah saja.

Curahkan segala perasaan dan sesuatu yang terjadi pada diri setiap hari dengan melakukan panggilan suara atau video langsung. Lakukan hal dapat dilakukan setiap hari, supaya dapat menjaga kesehatan mental meskipun hanya dilakukan dalam durasi yang singkat.

5. Batasi Dan Serap Informasi Dari Internet

Batasi dan serat informasi internet dari hanya website atau portal berita yang memiliki informasi yang akurat dan kredibel secara fakta serta data di lapangan.

Apabila mendapatkan informasi dari media sosial atau media chat, jangan terlalu dipercayai sebelum melakukan sharing dan cek and ricek isi informasi dari sumber yang terpercaya.

Kemudian, kalau bisa batasi membaca informasi seputar penyebaran virus corona, ganti minat serta keinginanmu membaca informasi/berita dengan membaca buku yang memiliki topik disenangi.

6.  Segala Aktivitas Diri Yang Dapat Merusak Kesehatan Mental

Hindari aktivitas diri yang dapat merusak kesehatan tubuh dan mental menjadi rusak, biasanya seseorang akan melakukan peralihan aktivitas untuk mengatasi bosan atau perubahan kondisi emosi yang sedang dirasakan.

Selain itu, hindari juga aktivitas yang dapat membuat seseorang menjadi kecanduan untuk melakukannya, seperti makan atau minum berlebihan, meminum obat-obatan penenang, serta aktivitas kecanduan lainnya.

Comment here