JournalLifestyle

Menjaga Imunitas Tubuh Saat Berpuasa Di Tengah-Tengah Penyebaran Virus Corona

Menjaga Imunitas Tubuh

Moslem Journey – Puasa Bulan Ramadan tahun ini berbeda dengan puasa di tahun sebelum-sebelumnya, sebab tahun ini berbarengan dengan penyebaran virus corona di seluruh dunia. Maka demikian, seseorang diwajibkan untuk dapat menjaga imunitas tubuh di saat berpuasa di tengah-tengah penyebaran virus corona.

Ketika berpuasa, kebutuhan gizi dan energi pada tubuh tidak berubah, hanya saja waktu mengonsumsi makannya yang berubah. Selain itu, mengonsumsi vitamin dan mineral (suplemen) juga perlu dilakukan untuk menghilangkan toksis atau racun pada tubuh.

Tips Menjaga Imunitas Tubuh

1. Penuhi Kebutuhan Protein

Memenuhi kebutuhan protein pada tubuh dengan mengonsumsi makanan rendah/sedang lemak, seperti ayam tanpa kulit, tempe, tahu, kacang hijau, susu. Konsumsilah makanan berprotein tersebut minimal tiga kali, yakni waktu makan malam setelah salat magrib, menjelang tidur, dan saat sahur.

2. Penuhi Konsumsi Buah-Buahan Dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran mengandung banyak vitamin dan kadar air yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan kandungan yang dimiliki. Buah-buahan akan baik di konsumsi/makan secara utuh atau di minum dengan di kelola menjadi jus, untuk memudahkan pencernaan.

Namun, apabila buah-buahan dikelola menjadi jus, tidak dianjurkan untuk menambah gula atau krimer kental manis, sirup, dan pemanis buatan lainnya. Sedangkan sayur-sayuran akan lebih baik di konsumsi dengan dikelola berkuah bening atau menggunakan santan encer.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Atau Minuman Manis Dan Berlemak

Mengonsumsi makanan atau minuman manis dapat melemahkan fungsi sel darah putih dalam tubuh yang berfungis untuk memakan mikroorganisme berbahaya. Sedangkan, dengan mengonsumsi makanan atau minuman berlemak yang mengandung tambahan zat kimia, dapat memicu berbagai peradangan di dalam tubuh.

 4. Lakukan Aktivitas Fisik Harian

Lakukan aktivitas fisik harian sederhana dengan melakukan peregangan tubuh setiap hari, hal ini dilakukan untuk menurunkan produksi hormon stres. Selain itu, untuk bisa menurunkan atau menyeimbangkan hormon stres dalam tubuh, seseorang diharuskan juga dapat mengelola tingkat stres yang dimiliki.

Kemudian aktivitas fisik harian lainnya yang dapat meningkatkan imunitas pada tubuh dapat dilakukan dengan berjemur di bawah sinar matahari pada pukul 09.00-10.00 pagi selama 2 atau 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan vitamin D pada tubuh.

5. Konsumsi Asupan Cairan Yang Cukup Dan Penggunaan Rempah

Untuk dapat menjaga imunitas pada tubuh, jangan lupa untuk mengonsumsi asupan cairan yang cukup supaya tubuh dapat terhidrasi dengan baik. Minumlah asupan cairan dengan mengonsumsi air putih, kuah sayur, buah-buahan dan sumber cairan lainnya.

Selain itu, penggunaan berbagai rempah dalam pengolahan makanan atau minuman yang mengandung zat fitokimia dapat mencegah berbagai inflamasi  atau reaksi tubuh terhadap mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh.

Comment here