ArtikelDestinasiJournal

Menikmati Keindahan Destinasi Wisata Alam Di Atas Daratan Tinggi Dieng

moslemjourney.com – Siapa sih yang tidak mengenal daratan tinggi Dieng yang berlokasi di antara kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Timur. Daratam tinggi yang memiliki ketinggian di atas 2.000 meter di atas permukaan laut dan termasuk bagian dari penggunungan vulkanik aktif yang ada di Jawa.

Selain itu, daratan dieng juga dengan suhunya yang dingin dan memiliki keindahan alam yang disajikan dalam beberapa tempat yang berbeda-beda. Banyak tempat atau destinasi objek wisata yang cocok untuk Sobat Mojou eksplore saat berakhir pekan dan untuk menghilangkan jenih di kehiduan sehari-hari. Yuk Sobat Mojou intip destinasi yang cocok dikunjungi.

1. Bukit Sikunir

idntimes.com

Bagi Sobat Mojou yang mencari spot foto beratar belakang sunrise, Bukit Sikunir meruakan pilihan yang tepat saat Sobat Mojou berkunjung ke daratan tinggi dieng. Karena di Bukit Sikunir Sobat Mojou akan disuguhkan dengan golden sunrise yang bewarna kemerahan menjelang pagi hari. Hanya saja, Sobat Mojou perlu menaiki tangga bukit yang cukup tinggi serta tanah berundak-undak. Membat Sobat Mojou memerlukan tenaga yang ekstra untuk sampai ke Bukit Sikunir.

Di bagian kawah bukit, Sobat Mojou dapat menemukan berbagai khas Dieng dan berbagai souvernir yang dijual dengan harga terjangkau. Untuk mengakses jalannya pun cukup mudah hanya dengan kendaraan pribadi menuju kaki bukit sebelum sampai akhirnya mendaki bukit. Supaya bisa mendaki Bukit Sikunir, Sobat Mojou hanya perlu membayar uang sebesar Rp10.000 dan membayar uang parkir kendaraan.

2. Gunung Prau

idntimes.com

Selain Bukit Sikunir, Sobat Mojou juga dapat melihat keindahan pemandangan alam serta menikmati sunset dan sunrise di Gunung Prau. Di atas ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut, Sobat Mojou dapat melihat putihnya awan-awan yang terbang di sekitar gunung hingga hijaunyaa pendesaan yang berada di sekitar lereng Gunung Prau.

Baca juga: Yuk Kunjungi 5 Destinasi Terbaik Indonesia Yang Dikenal Oleh Dunia

Bagi Sobat Mojou yang ingin merasakan sensai keindahan pemandangan serta sunset dan sunrise di Gunung Prau disarankan untuk mendaki pada musim kemarau. Karena saat musim hujan, jalan pendakian bisa dikatakan sulit untuk dilalui karena licin. Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Prau, Sobat Mojou dapat melalui jalur yang disediakan di Desa Patak Banteng di kawasan dataran tinggi Dieng dan meerlukan waktu tempuh sekitar 2-3 jam pendakian.

3. Kawah Sikidang

idntimes.com

Saat mengunjungi daratan tinggi Dieng, Sobat Mojou wajib untuk mendatangi kawah Sikidang. Di kawah tersebut, Sobat Mojou dapat melihat fenomena alam aneh yang tidak bisa dilihat di daerah lain. Sobat Mojou akan melihat gumpalan asap yang keluar danmenjadi destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Karena kawah Sikidang mengeluarkan bau belerang yang menyengat, untuk Sobat Mojou disarankan untuk menggunakan masker.

Selain melihat keindahan kawah, Sobat Mojoujuga dapat melihat kerajinan tradisional yang dibuat di tempat tersebut. Meskipun terletak di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara Sobat Mojou bisa mengakses lebih cepat dan mudah melalui jalan dari Wonosobo. Untuk bisa masuk ke kawah Sikidang Sobat Mojou hanya mengeluarkan uang sebesar Rp15.000 dan buka dari pukul 08.00-16.00 WIB setiap harinya.

4. Telaga Warna

idntimes.com

Telaga Warna merupakan destinasi alam yang menawarkan pemandangan danau yang memiliki banyak warna akibat dari belerang yang banyak terdapat di daratan tinggi Dieng. Selain itu, di pinggiran danau disediakan jembatan kecil dari kayu serta keindahan pemandangan yang sangat mempersona dan cocok untuk Sobat Mojou berfoto-foto.

Baca juga: 5 Wisata Halal Yang Tak Terduga di Eropa

Untuk bisa melihat keindahan danau dan pemandangan di Telaga Warna, Sobat Mojou dapat ke desa Kejajar, Wonosobo. Telaga Warna buka mulai pada pukul 08.00 hingga 17.30 WIB seiap hari. Sedangkan untuk tiket masuk Sobat Mojou bisa membelinya secara langsung dengan harga Rp12.000 dan online dengan harga Rp15.000.

5. Telaga Merdada

idntimes.com

Telaga Merdada merupakan danau terluas yang ada di kawasan daratan tinggi Dieng, danau tersebut mencapai 21 hektare. Selain danau yang luas, Telaga Merdada memiliki pemandangan yang indah karena berada di antara dua buah bukit terjal yaitu Pangonan dan Sumurup.

Destinasi alam Telaga Merdaad juga memiliki lingkungan dan penduduk yang tergolong ramah. Untuk Sobat Mojou yang ingin ke Telaga Merdada cukup mengeluarkan uang sebesar Rp5.000 per orang.

Kalau Sobat Mojou jalan-jalan ke daratan tinggi Dien, jangan lupa untuk mengunjungi kelima destinasi tersebut ya. Karena memiliki keindahan alam yang sangat mempersona dan memukau mata Sobat Mojou.

(IF)

Comment here