ArtikelDestinasiPilihan

4 Wisata Alam Kalimantan Timur, Calon Ibukota Baru

Moslemjourney.comMenteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil sempat membicarakan mengenai lokasi ibu kota baru Indonesia pada Kamis (22/08/2019).  Lokasinya berada di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Untuk posisi lebih tepatnya, pihaknya memilih untuk diam. Dilanjutkan bahwa ia takkan memberikan keterangan lebih lanjut sebelum mengetahui ketersediaan lahan. Kalimantan Timur sendiri terkenal dengan wisata – wisata alamnya. Apa sajakah wisata alamnya? Berikut ulasannya. 

1. Danau Kakaban

Ubur-Ubur Jinak di Danau Kakaban, Foto: basecamppetualang.com

Danau Kakaban adalah air laut yang terperangkap di pulau Kakaban, Kalimantan Timur. Jalan menuju Danau Kakaban tertata dengan rapi dari ujung dermaga. Terdapat jalan khusus yang terbuat dari kayu untuk memudahkan wisatawan mengunjungi danau ini. Menariknya lagi, di tempat yang sama juga terdapat ribuan ubur – ubur tanpa sengat. Sobat Mojou bisa langsung melihat ubur – ubur itu dengan berenang di dalam danaunya.

2. Batu Dinding

https://www.liputan6.com/citizen6/read/2515297/wisata-batu-dinding-tembok-besar-china-ala-kalimantan-timur?utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.0&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F

Wisata Batu Dinding ini berupa tebing bebatuan yang sempit dengan lebar kurang dari 1 meter. Puncak bukit Batu Dindingnya pun sempit, hanya sekitar 5 meter. Jika dilihat dari kejauhan, bukit Batu Dinding ini berbentuk seperti tumpukan batu dengan panjang sekitar 500 meter. Di sepanjang perjalanan, sisi kanan dan kiri hanya berupa jurang yang dalam. Untungnya ada guide lokal yang siap berjaga supaya tidak berdesak di puncak Batu Dinding. Waktu matahari terbit dan terbenam menjadi waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam hutan Borneo dari ketinggian Batu Dinding.

Baca Juga : Mengenal Wisata Alam Rowo Bayu si Desa Horror KKN Desa Penari

3. Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo 

https://jalanwisata.id/telaga-tulung-ni-lenggo/

Wisata alam yang satu ini memiliki air yang jernih seperti kaca. Kita bisa langsung melihat biota yang ada di dalam danau. Terletak di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau , Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo menjadi spot favorit wisatawan untuk bersantai dan menenangkan pikiran. Suasana keasrian alam dan ketenangan suasana perkampungan menjadikan wisata alam Kalimantan Timur ini ramai dikunjungi saat liburan. Cukup merogoh kopek sebesar Rp. 5000 untuk menikmati wisata alam tersebut.

4. Bukit Bangkirai

Masuk ke wisata alam yang dengan pepohonan di sekelilingnya, ada Bukit Bangkirai yang masih memiliki hutan hujan tropis yang masih sangat alami. Bagi yang kurang puas dan ingin mencoba untuk menantang adrenalin, ada canopy bridge (jembatan gantung) yang menjadi daya tarik wisata disini. Digantung dengan menghubungkan 5 Pohon Bangkirai dengan ketinggian 30 – 40 meter ini akan memberikan sensasi yang luar biasa, apalagi ketika angin datang berhembus. Untuk masuk ke dalam tempat wisata, orang dewasa sendiri dikenakan biaya sebesar Rp. 3.500 sementara anak Rp.1.500 . Sementara jika ingin mencoba canopy bridge cukup membayar sebanyak Rp. 20.000 bagi WNI dan Rp. 50.000 untuk WNA. (ans)

Baca Juga : 4 Wisata Alam Sumedang Yang Menarik

Comment here