Tahukah Kamu

Mengenal Paspor, Dokumen Yang Wajib Dibawa Saat Hendak Ke Luar Negeri

membuat visa paspor
Sumber : indozone.id

Moslemjourney.com – Sebelum bepergian ke luar negeri, Sobat Mojou pasti memerlukan paspor. Benda yang satu ini adalah benda yang paling dibutuhkan dan wajib dibawa apabila pergi ke luar negeri.

Oleh karena itu, jangan sampai Sobat Mojou lupa untuk membawa benda ini. Karena kalau sampai ketinggalan, rencana untuk keluarga negeri bisa gagal. Untuk lebih tahu lebih dalam tentang paspor, yuk baca artikel ini.

Apa itu paspor?

Paspor merupakan surat keterangan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk seorang warna negara yang akan mengadakan perjalanan ke luar negeri.

Selain itu ada pengertian lain yakni paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, menyatakan identitas dan kewarganegaraan pemegang dan memberikan hak kepada warga negara tersebut untuk bepergian di bawah perlindungan pemerintah yang menerbitkan paspor saat bepergian ke dan dari negara-negara asing.

Jenis-jenis paspor

Saat ini, terdapat tiga jenis paspor Indonesia. Ketiga jenis tersebut memiliki aturan yang berbeda, sebab dikeluarkan oleh lembaga yang berbeda.

1. Paspor biasa

Paspor ini memiliki sampul berwarna hijau. Bagi masyarakat atau WNI yang hendak ke luar negeri, paspor hijau inilah yang biasa dibuat dan dimiliki.
Paspor ini dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Ham (Kemkumham). Selain itu, biasanya paspor ini juga terbagi menjadi dua bagian lagi. Yakni paspor biasa 24 atau 48 halaman dan paspor elektronik 24 atau 48 halaman.

2. Paspor kedinasan

Sesuai namanya, paspor ini dikhususkan untuk Aparatur Sipil Negara yang ajan melakukan perjalanan kedinasan di luar negeri. Maka dari itu, yang mengeluarkan paspor ini adalah Kementerian Luar Negeri.
Kalau paspor biasa berwarna hijau, paspor kedinasan ini bersampul warna biru. Karena paspor ini adalah paspor khusus, maka pengajuannya pun tidak mudah.

Pemohon paspor kedinasan wajib melampirkan surat kelulusan beasiswa atau letter of acceptance (LoA), surat izin atas, SP setneg, hingga guarantee letter dan berbagai macam surat semacam ini agar bisa mendapatkan paspor biru.

3. Paspor diplomatik

Paspor ini adalah paspor yang diperuntukkan bagi orang yang melakukan perjalanan diplomatik. Sampul untuk paspor ini pun berbeda dari dua paspor sebelumnya, yaitu berwarna hitam.

Paspor diplomatik juga bisa dibilang paspor yang istimewa. Sebab, jelas kita ketahui kalau seorang anggota diplomatik pasti memiliki perlakuan yang istimewa. Selain itu, seorang diplomatik juga mendapat hak imunitas dan hak ekstrateritorialitas.

Apa perbedaan paspor biasa dan paspor elektronik?

Perbedaan paspor biasa dan paspor elektronik adalah adanya chip elektronik di dalam paspornya elektronik. Sebenarnya, dari tampilan fisik kedua paspor ini sama, namun di sampul paspor elektronik ada logo chip. Jadi untuk membedakannya tidak sulit.

Sementara itu, paspor elektronik pasti memiliki kelebihan dibanding paspor biasa. Karena paspor elektronik dapat mempersingkat waktu pemeriksaan paspor karena di negara tujuan hanya akan dilakukan scan data biometrik yang ada di chip.

Hal tersebut sangatlah berbeda apabila menggunakan paspor biasa. Ketik menggunakan paspor biasa, Sobat Mojou ketika tiba di negara tujuan akan diperiksa secara manual oleh petugasnya.

RDA

Comment here