JournalTeknologi

Mengenal GPS Dan Pro-Kontra Di Jalan

moslemjourney.com – Saat Sobat Mojou tidak tahu rute jalan ke tempat tujuan, pasti Sobat Mojou akan menggunakan Global Positioning System (GPS). Dengan kecanggihan GPS yang dipadukan dengan teknologi sekarang, pastinya sangat memudahkan Sobat Mojou untuk bisa tahu dan cepat sampai ke tempat tujuan.

Tapi tahukah Sobat Mojou bagaimana perjalanan GPS dulu hingga sekarang? Apa saja keuntungan dan apa saja kendala yang didapatkan dari penggunaan GPS oleh pengendara kendaraan. Yuk simak informasi berikut yang bisa menambah wawasan Sobat Mojou seputar GPS.

Pada awalnya, GPS pertama kali diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan memanfaatkan 24 satelit, lalu sistem GPS kemudian disempurnakan sejak tahun 1994. Dengan disempurnakan sistemnya, GPS ditambahkan teknologi turn-by-turn navigation yang dikembangkan oleh James Raymond Davis dan Christoper Schmandt dari MIT Media Laboratory.

Dengan bertambah teknologi turn-by-turn navigation, GPS memiliki keunggulan layananan untuk dapat menuntun pengemudi kendaraan untuk sampai ke tempat yang mereka tuju. Layanan tersebut nantinya akan menuntun pengendara kendaraan dengan cara menunjukkan satu titik awal perjalanan ke titik akhir lainnya yang menjadi tempat tujuan.

Baca juga: Sistem Kerja Kamera Tilang Elektronik (ETLE) Menilang Para Pelanggar

Di tahun 1996, navigasi berbasis GPS merambah ke dunia website. Pada saat itu, sebuah situs website yang bernama MapQuest.com menjadi pelopor untuk website berbasis GPS saat ini. Sehingga sudah banyak situs website navigasi berbasis GPS yang berkembang di internet.

Pro-Kontra Adanya GPS

Dengan adanya GPS yang dipakai oleh pengendara kendaraan, banyak pro dan kontra dalam penggunaan GPS. Bagi seorang yang bekerja sebagai pengemudi transportasi online, penggunaan GPS sangatlah penting. Karena GPS adalah alat utama yang mereka gunakan untuk bekerja yaitu menjemput penumpang dan mengantar penumpang.

Menurut Ekandelk.com, terdapat 5 kategori kasus seputar pemakaian/pengoperasian GPS yang dapat menggangu konsentrasi pengemudi kendaraan, yaitu sebagai berikut.

  1. Pengemudi akan sering melihat rute jalan yang ditunjukkan oleh GPS;
  2. Pengemudi akan sering menyentuh/menggunakan perangkat, seperti smartphone atau perangkat GPS lainnya;
  3. Pengemudi akan terganggu dengan cahaya perangkat yang menjalankan GPS, apalagi dalam keadaan malam/gelap;
  4. Pengemudi juga akan terganggu dengan bunyi/suara yang berasal dari navigasi;
  5. Pengemudi mungkin juga memiliki kebutuhan untuk mengganti alamat atau memilih rute alternatif.

Baca juga: 5 Tips Aman Saat Berkendara Menggunakan Mobil

Dari kasus tersebut, dihimbau untuk Sobat Mojou bijak saat menggunakan GPS, jangan sampai penggunaan GPS membuat konsentrasi Sobat Mojou hilang saat berkendara. Memang penggunaan GPS tidak dapat dihindari karena sudah menjadi kebutuhan saat ini. Adanya penyamaan penggunaan GPS dengan perkembangan teknologi mungkin bisa menjadi jalan keluar, supaya tidak ada yang dirugikan.

Bagi Sobat Mojou yang ingin ke tempat tujuan yang belum pernah di kunjungi, Sobat Mojou dapat menghapal/mempelajari rute perjalanan terlebih dahulu dari dari GPS. Jika berkendara dengan teman, Sobat Mojou dapat meminta bantuan teman untuk mengarahkan jalan ke tempat tujuan, supaya Sobat Mojou dapat berkonsentrasi penuh ke jalan.

(IF)

Comment here