History

Mengenal Alfonso de Albuquerque, Si Pembuka Pintu Penjajahan Di Asia

moslmjourney.com – Suka membaca atau mengingat pelajaran sejarah pada masa SMA dulu? jika iya, segelintir dari Sobat Mojou pastinya mengingat penjajah yang berasal dari Portugis bernama Alfonso de Albuquerque. penjajah tersebut dikenal dengan penemu pulau Maluku serta membawa rempah-rempah milik Indonesia untuk dijual ke Eropa dengan harga yang sangat tinggi.

Karena ulah Alfonso de Albuquerque, negara Belanda mengadakan ekspedisi untuk menjelajah Indonesia mencari rempah-rempah. Sehingga, berakhir dengan Belanda menjajah Indonesia selama beberapa tahun lamanya. Namun, tahukah Sobat Mojou kalau Alfonso de Albuquerque tidak sesederhana seperti yang diberikan dalam buku sejarah tersebut?

Sobat Mojou pastinya banyak yang tidak tahu bahwa sebenarnya Alfonso de Albuquerque adalah seorang bangsawan Portugis yang dipercayai dan di kirim oleh raja Portugis untuk melenyapkan cahaya Islam di Benua Asia dan Benua Afrika. Menurut raja Portugis pada waktu itu, Alfonso de Albuquerque sangat cocok untuk mengakhiri peradaban emas Islam di bumi bagian timur.

Baca juga: Syekh Omar Mukhta, Guru Ngaji Penggeger Pasukan Besar Italia

Hal tersebut dilakukan raja Portugis, karena Alfonso de Albuquerque terkenal sangat membenci kaum Muslimin (Islam) dan melakukan berbagai cara untuk memusnahkan negeri-negeri Islam. Terutama negeri yang berada di Benua Asia, di antaranya India dan Indonesia. Untuk bisa sampai ke Indonesia, Alfonso de Albuquerque menggunakan kapal yang dibuat dan dipelajari dari buku berharga milik negeri kaum muslimin.

Buku berharga tersebut merupakan ilmu yang mempelajari tentang navigasi, ilmu konstruksi kapal, astronomi dan geografi. Ilmu tersebut dipelajari oleh pelaut Eropa sehingga menjadi kerajaan-kerajaan yang sangat kaya karena berhasil menjajah 3 benua, yaitu Afrika, Amerika, dan Asia.

Termasuk Alfonso de Albuquerque yang menggunakan kapalnya untuk membawa misi mencari harta sekaligus melawan dominasi Negara yang menganut sistem Kekhalifahan Utsmaniyah yang merajai setiap samudera. Saat waktu itu, orang-orang Eropa beranggapan bahwa seluruh dunia telah dikuasai Kaum Muslimin kecuali negeri mereka.

Baca juga: Ragam Suku di China Ternyata Banyak Teman Muslim

Namun sayangnya, penjelajahan yang mereka lakukan tidak seperti yang diinginkan oleh penjajah Portugis dan Spanyol. Sebab, kebanyakan dari benua-benua yang mereka jelajah dan temukan merupakan benua yang telah banyak dihuni oleh penduduk asli beragama Islam.

Nah itulah sederet tentang penjajah Portugis bernama Alfonso de Albuquerque yang belum banyak diketahui dan tidak ada di buku sejarah saat sekolah dulu. Jangan lupa untuk banyak membaca sejarah Islam, supaya lebih mengenal lebih dalam tentang Islam dan terhindar dari sejarah-sejarah palsu yang dilencengkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

(IF)

Referensi: Gen Saladin

Comment here