ArtikelDestinasiJournal

Menawan, Sepasang Mata Di Gua Prohodna

moslemjourney.com— Apa yang kamu bayangkan saat melihat gua? Sebuah lubang besar dengan bebatuan atau hewan-hewan seperti kelelawar yang bergelantungan di atas gua? Semuanya benar kok, Sobat Mojou. Tapi ada satu gua di Bulgaria yang bentuknya unik banget, dan juga menjadi destinasi wisata yang paling diminati wisatawan.

Nama gua ini adalah Prohodna yang memiliki arti dapat ditempuh dengan cara berjalan kaki. Ada 2 pintu masuk. Yang satu pintu masuk kecil yang lubangnya setinggi 35 meter dan pintu masuk besar mencapai 45 meter. 

https://www.reinha.com/2015/06/serunya-bungee-jumping-di-gua-mata-tuhan/

Untuk mencapai kedua pintu, jalanan yang ditempuh mirip dengan jembatan yang terbuat dari bebatuan. Dari situlah namanya berasal. Gua prohodna memiliki panjang 262 meter. Jarak pintu masuk dari lahan parkir juga dekat banget. Kamu nggak perlu bayar untuk masuk ke gua ini. 

Gua berlokasi di daerah Iskar Gorge, tepatnya di desa Karlukovo. Percaya nggak percaya, gua ini memiliki sepasang mata lho! Eits, tapi bukan mata beneran kok. Sepasang mata itu sebenarnya adalah lubang yang terbentuk dari proses erosi alami. 

Baca Juga : Mengenal Kerajaan Islam Di Indonesia

Makanya, momen paling tepat untuk menyaksikan keindahan gua sepanjang 262 meter ini adalah saat matahari dan bulan tepat bersinar di atas lubang ini. Jadinya terlihat seperti pupil mata manusia deh! Saat hujan pun, keindahan Gua Prohodna juga semakin menawan. Sepasang “mata” itu akan terlihat seperti sedang menangis.

https://www.ancient-origins.net/ancient-places-europe/god-or-devil-whose-mystical-eyes-follow-visitors-through-bulgarian-prohodna-021346

Jika kamu ingin datang ke sini, sepertinya kamu harus menyewa mobil atau ikut dengan travel agent yang sudah menyediakan memasukkan Gua Prohodna dalam paket wisata mereka. Kamu akan menempuh waktu selama 2 jam dari ibu kota Bulgaria.

https://www.boombastis.com/gua-paling-indah/6559

 

Kamu juga bisa mengunjungi gua lainnya yakni gua Saeva Dupka yang terletak tak begitu jauh dari gua Prohodna. Sekitar 200 meter dari sana. Kamu akan membayar tiket sebesar 4 BGN atau sekitar 31 ribu per orang untuk dewasa dan 2 BGN atau sekitar 15 ribu per orang untuk usia 6-16 per orang.  

Keren banget ya gua yang satu ini. Sobat Mojou ada yang mau mencoba datang dan melihat gua unik ini? Share tanggapanmu di kolom komentar ya! Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu juga! (ans)

Baca Juga : Sedang Berkunjung Ke Luar Negeri? Yuk Beristirahat Di Hotel Unik Ini

Comment here