JournalKesehatan

Memiliki Masalah Pada Tenggorokkan Hingga Bengkak Pada Kaki, Waspadai Hal Tersebut Karena Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung

gejala-penyakit-jantung-moslem-journey

Moslem Journey – Salah satu organ tubuh dalam manusia yang memiliki fungsi penting dan vital untuk kehidupan manusia, yaitu jantung. Dengan fungsinya yang menjadi pemompa dan menyebarkan darah serta oksigen ke seluruh tubuh.

Apabila jantung mengalami hambatan untuk mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh, manusia akan mengalami serangan/penyakit jantung. Bahkan dapat menyebabkan kematian secara mendadak.

Ada banyak jenis penyakit jantung, di antaranya penyakit jantung koroner, aritmia, sampai penyakit jantung bawaan.

Pada umumnya, penyakit jantung akan menimbulkan beberapa hal, seperti merasakan detak jantung yang tidak beraturan. Mudah lelah dan bernapas terasa amat berat. Jantung berdebar pada suatu hal yang tidak menentu, serta sulit untuk tidur saat malam hari maupun siang atau pagi hari.

Selain gejala tersebut, penyakit jantung terkadang tidak menimbulkan gejala pada pernapasan. Namun juga dilihat secara fisik, sehingga secara tidak sadar kalian sedang merasakan gejala penyakit jantung. Berikut ini, gejala yang tidak kalian sadari kalau kalian sedang merasakan gejala penyakit jantung.

  1. Batuk Yang Tidak Kunjung Sembuh

Saat kondisi daya tubuh sedang melemah, pada umumnya kalian akan merasakan batuk-batuk. Bahkan, batuk tersebut akan dibarengi dengan pilek serta menghasilkan lendir.

Apabila, batuk yang kalian rasakan sudah cukup lama tidak kunjung sembuh-sembuh. Kalian perlu berhati-hati, karena kejadian tersebut dapat menjadi gejala serangan/penyakit jantung. Selain itu, perhatikan juga lendir yang dihasilkan saat kalian membuatnya. Apabila berwarna putih atau merah muda, bisa jadi jantung sedang tidak dapat bekerja secara normal, sehingga darah bocor dan kembali ke paru-paru.

  1. Tenggorokan Atau Rahang Terasa Sakit

Kebanyakan orang pada saat tenggorokan atau rahang terasa sakit tidak ada hubungannya dengan penyakit jantung. Malahan orang-orang tersebut akan mengira rasa sakit tersebut diakibatkan masalah otot kaku, pilek, atau sinus.

Namun apabila, tenggorokan atau rahang kalian merasa sakit nyeri yang menyebar dikarenakan sakit di bagian dada. Bisa jadi rasa nyeri tersebut merupakan bagian dari gejala akibat penyakit/serangan jantung.

  1. Mendengkur Saat Tidur

Mendengkur saat tidur, memanglah hal biasa yang dilakukan manusia saat sedang lelah atau karena faktor umur. Namun, apabila dengkur tersebut terdengar keras disertai pernapasan tersedak atau termegap-megap.

Kalian perlu mewaspadai keadaan tersebut, karena termasuk ke dalam tanda sleep apnea (gangguan tidur serius). Saat gangguan tersebut, kalian akan berhenti bernapas sesaat pada waktu malam hari. Sehingga dapat menyebabkan tekanan pada jantung.

  1. Keluar Keringat Dingin

Keringat dingin biasanya menjadi tanda kondisi kesehatan seseorang sedang memburuk. Beberapa kendala kondisi kesehatan tersebut merupakan kondisi yang berbahaya serta tergolong darurat.

Namun, apabila tubuh kalian keluar keringat dingin tanpa alasan yang jelas disertai nyeri di bagian dada. Kalian perlu waspada dan berhati-hati, karena bisa saja kendala tersebut termasuk gejala serangan/penyakit jantung.

  1. Bengkak Pada Betis, Pergelangan, serta Telapak Kaki

Kondisi fisik yang paling bisa dilihat saat kalian mengalami gejala serangan/penyakit jantung dapat dilihat pada bagian betis, pergelangan, dan telapak kaki. Apabila ketiga bagian tersebut mengalami bengkak, kalian perlu mewaspadai hal tersebut. Karena bisa jadi, kondisi tersebut gejala serangan/penyakit jantung.

Pembengkakan ketiga bagian kaki tersebut terjadi dikarenakan jantung tidak dapat memompa darah dengan lancar dan menyumbat kembali di pembuluh darah. Selain itu, gagal jantung juga dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan air dan natrium dari tubuh, sehingga dapat menyebabkan pembengkakkan di sejumlah bagian tubuh.

Comment here