JournalLifestyle

Memilih Makanan Tepat Saat Berpuasa Agar Tubuh Tak Gampang Lemas

Makanan Tepat Saat Berpuasa

Moslem Journey – Memilih makanan yang tepat saat berpuasa merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh kalian semua. Sebab makanan yang kalian konsumsi dapat mempengaruhi kondisi daya tahan tubuh dan supaya tidak lemas saat menunaikan ibadah puasa Ramadan.

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, dapat menjadi kunci supaya tubuh tetap fit dan tidak lemas selama belasan jam meskipun tidak makan/minum. Selama berpuasa, kalian dapat tetap mencukupi makanan di tiga waktu hari bisa (pagi, siang, dan malam) dengan melakukan sahur, buka puasa, dan camilan sebelum tidur malam hari.

Makanan Tepat Saat Berpuasa

1. Mengonsumsi Makanan Konsep “Isi Piringku”

Isi piringku merupakan konsep makanan pengganti lima sehat empat sempurna dari pemerintah. Porsi isi piringku terdiri dari makanan pokok yang terdiri dari karbohidrat kompleks, protein, sayur dan buah-buahan yang memiliki ukuran porsi dalam satu piring saat buka puasa dan sahur.

Selain makan sesuai dengan konsep isi piringku, kalian juga dapat memakan cemilan lainnya saat malam hari atau setelah salat tarawih. Seperti roti gandum dengan selai kacang, yoghurt, susu, bubur kacang hijau, dan makanan-makanan lainnya yang sejenis.

2. Kurangi Mengonsumsi Makanan/Minuman Manis

Setelah memenuhi asupan makanan yang seimbang dengan gizi dan nutrisi, kalian juga perlu mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana atau makanan/minuman yang manis. Dengan mengonsumsi karbohidrat sederhana, kadar gula darah dalam tubuh dapat meningkat dengan cepat sehingga mudah menjadi lemas.

Sebagai gantinya, makanan/minuman manis tersebut kita ganti dengan makanan berkarbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan kadar gula secara perlahan dan lebih stabil. Makanan berkarbohidrat kompleks, seperti roti gandum, umbi-umbian, kentang, bahkan nasi putih yang ditambahkan dengan sayur, lauk pauk, dan sedikit lemak.

3. Perbanyak Minum Air Mineral

Selain makanan, selama berpuasa tubuh akan banyak kekurangan cairan yang membuat tubuh menjadi tidak berenergi dan mudah lemas. Sehingga, kalian memerlukan banyak minum air mineral untuk membantu tubuh tetap terhidrasi.

Setidaknya minimal minum air mineral sebanyak delapan hingga 12 gelas dalam satu hari yang dapat dibagi mulai dari buka puasa hingga menjelang waktu subuh tiba.

4. Kurangi Konsumsi Makanan Asin

Terakhir, makanan yang tepat saat berpuasa supaya tidak mudah lemas ialah hindari mengonsumsi makanan yang banyak mengandung atau asin. Karena dengan mengonsumsi makanan asin, dapat menyebabkan tubuh merasa cepat haus yang membuat tubuh mudah menjadi lemas.

Comment here