JournalKesehatan

Memenuhi Asupan Gizi Saat Berpuasa Dengan Jenis Makanan Ini

Memenuhi asupan gizi

Moslem Journey – Memenuhi asupan gizi tubuh dan nutrisi saat melakukan ibadah puasa sangatlah penting dilakukan. Dengan memakan makanan yang memiliki gizi dan nutrisi dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar untuk beraktivitas seperti biasa.

Bagi beberapa orang yang sudah lelah dengan aktivitas sehari-hari, saat berbuka puasa akan membeli makanan atau jajanan khas yang tidak jelas diketahui gizi dan nutrisinya. Bahkan saat saat sahur, tak jarang mengandalkan makanan cepat saji yang cepat dibuat dan mudah dibuat.

Sehingga kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak dapat dipenuhi dan dapat mempengaruhi tubuh saat berpuasa. Maka perlunya memakan makan sehat selain jajanan khas menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh. Berikut ini jenis makanan yang dapat memenuhi asupan gizi tubuh saat berpuasa.

1. Mengandung Karbohidrat Kompleks

Jenis makanan pertama yang wajib di konsumsi memenuhi gizi dan nutrisi pada tubuh ketika berpuasa ialah kelompok makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Sebab, dalam karbohidrat kompleks memiliki molekul-molekul gula yang menjadi glukosa.

Saat melaksanakan puasa, tubuh akan membutuhkan glukosa sebagai sumber energi utama atau disimpan nantinya oleh tubuh. Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur, tubuh menjadi tidak mudah lemas. Makanan sumber karbohidrat kompleks, diantaranya nasi merah, oatmeal, pasta, roti dan kacang almond.

2. Minuman Atau Cairan

Ketika berpuasa tubuh mudah merasa haus dan akan kehilangan banyak cairan (dehidrasi). Sehingga disarankan untuk meminum 10 gelas sehari dalam ramadan, lima gelas air mineral saat sahur dan lima gelas saat berbuka puasa. Dengan begitu tubuh akan terhidrasi dengan baik.

Kehilangan/kekurangan cairan selama berpuasa, tubuh juga akan menjadi lemas. Maka memperbanyak minum air putih akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar, sebab 60 persen sel, organ, dan jaringan tubuh menggunakan air/cairan untuk membantu mengatur suhu dan menjaga fungsi tubuh lainnya

3. Mengandung Protein

Makanan yang mengandung protein sangatlah dibutuhkan tubuh untuk sistem metabolisme, dengan mengonsumsi protein sistem metabolisme tubuh dapat meningkatkan hingga 15-30 persen. Selain itu, tubuh akan merasa lebihi kenyang lebih lama dan juga dapat menstabilkan kadar gula darah.

Makanan sumber atau mengandung protein, diantaranya meliputi daging hewani (seperti ayam, sapi, dan ikan), produk susu, telur, hingga kacang-kacangan. Protein yang tercerna di dalam tubuh akan diubah menjadi asam amino dan diserap ke dalam aliran tubuh.

4. Buah-Buahan

Saat berpuasa di bulan Ramadan, buah kurma sering dijadikan hidangan awal berbuka puasa yang disantap pertama kali. Sebab buah kurma memiliki banyak manfaat dan gizi untuk tubuh, selain itu kurma juga ada sejak  zaman Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Selepas dari buah kurma, buah-buahan lainnya juga menjadi sumber gizi dan nutrisi dan menjadi makanan wajib dikonsumsi saat berpuasa. Karena buah-buahan mengandung banyak gizi yang mengandung berbagai vitamin yang baik untuk tubuh tetap sehat dan bugar.

5. Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran merupakan jenis makanan yang memberikan serat larut guna menjaga kesehatan usus supaya bekerja dengan baik. Selain itu, mengonsumsi sayur-sayuran juga dapat memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah yang membuat tubuh merasa lebih kenyang lebih lama.

Serat larut yang dimiliki sayur-sayuran juga dapat membantu mengontrol kadar kolestrol dalam darah yang biasanya memuncak saat berbuka puasa. Sayur-sayuran juga dapat menambahkan cairan yang cukup untuk tubuh, sehingga sayuran dikenal dengan banyaknya nutrisi yang dimiliki.

Comment here