ArtikelBeritaJournal

Mau Makanan Sehat Dan Halal? Ayo Cari Tahu Semuanya Di Event ISEF !

moslemjourney.com— Suatu hari, kamu sedang berjalan-jalan di pusat perbelanjaan. Di tengah jalan, tiba-tiba kamu merasa kelaparan dan memutuskan untuk makan di sebuah restoran. Namun, sebelum memasuki pintu restoran kamu jadi berpikir, kira-kira makanan yang masuk ke dalam tubuh kita itu sebenarnya halal nggak sih? 

Nah, Sobat Mojou bisa mengetahui hal tersebut di seminar pada event ISEF yang diselenggarakan hari ini di Jakarta Convention Center. Seminar yang dengan tajuk Organic / Healthy Food ini diisi oleh seorang narasumber yaitu Chef Herman Kemang yang sekaligus bagian dari ACHI ( Asosiasi Chef Halal Indonesia ) 

Baca Juga : ISEF (Indonesia Sharia Economy Festival) Suguhkan Wawasan Tentang Sertifikasi Halal

Di sana, beliau memberikan beberapa pencerahan terkait dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Dalam acara yang dipandu oleh presenter Kinos, Chef Herman dibantu oleh asistennya, Dewi melakukan demo di depan panggung. 

Hidangan yang dibuat adalah cupcakes klepon yang bebas dari gluten dan makanan khas Aceh yakni Asam Keuneng yakni udang pedas yang rasanya nikmat banget! Gimana nggak nikmat, setelah masakan dibuat, para pengunjung juga diajak untuk mencicipi hidangan tersebut. Nyam!

Nah, di sela-sela memasak, Chef Herman juga memberitahu beberapa hal penting terkait dengan hidangan yang biasa kita makan. Contohnya, makan ramen. Makanan khas Jepang ini sebenarnya sering banget kita temui di tempat umum. 

Jika melihat dari tempat asalnya, Chef Herman bilang jika bahan dasarnya terbuat dari unsur yang haram bagi umat Muslim. “Ramen itu identik dengan kuahnya, kak. Yang bikin enaknya itu ya kuahnya. Kalau lihat dari negara asalnya, bahan dasarnya kuah itu terbuat dari babi,” ujar Chef Herman saat diwawancarai oleh Kinos pada Jumat (19/11/19) siang. 

“Makanya penting banget dengan adanya sertifikasi halal. Karena mereka yang mengerti tentang hal-hal itu,” ujarnya lagi. 

Selain itu, pada sesi menumis bumbu untuk hidangan Asam Keuneng, Chef Herman tidak menggunakan minyak di atas wajannya. “Nggak pakai minyak Insha Allah sehat. Karena kalau bahan di dalam minyak itu bisa membuat kita gemuk. Sobat Mojou juga bisa nih, menggantikan nasi yang biasa kita makan dengan nasi coklat. Terus apa bedanya dengan nasi merah? “Indeks Glikemiknya kak. Nasi coklat indeks glikemiknya lebih kecil, yang artinya gulanya lebih rendah dari nasi merah,” ungkap Chef Herman.

Ternyata makanan yang kita konsumsi ini banyak banget manfaatnya ya, asal kita banyak belajar dan memahaminya. Cara cari tahunya dimana? Ya di event ISEF dong! Makanya, jangan sampai ketinggalan ya, Sobat Mojou. Hanya sampai 16 November ini saja ! (ans)

Baca Juga : Nggak Usah Bingung Mau Kemana, ISEF Punya Banyak Booth Untuk Dikunjungi

Comment here