ArtikelDestinasiJournal

Mau Lihat Hewan Purba? Datang Saja Ke Pulau Komodo !

moslemjourney.com— Pulau yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia ini adalah habitat asli bagi Komodo. Terdapat sekitar 2000 – 2900 ekor komodo di sana. Pulau Komodo merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo. Selain Pulau Komodo, ada lagi pulau – pulau kecil yang mengelilinginya seperti pulau Rinca, pulau Padar, dan Gili Motang.  Total luas taman nasional secara keseluruhan adalah 1.817Km2.

Pulau ini diresmikan sebagai warisan dunia oleh pada tahun 1986. Sebelumnya, taman nasional ini juga sempat digadang-gadang sebagai calon 7 keajaiban dunia. Namun pada 15 Agustus 2011 lalu, kejadian tak terduga terjadi. Pemerintah secara resmi menarik tempat ini dari kandidat 7 keajaiban dunia. Hal ini dikarenakan pihak panitia yang secara tidak profesional meminta uang sebesar $45 juta dollar pada pemerintah agar Indonesia menjadi tuan rumah bagi pemilihan 7 kandidat keajaiban dunia.

Pulau Komodo ditemukan pertama kali oleh Letnan Steyn van Hens Broek pada tahun 1910. Saat pertama kali melihat reptil itu, ia menamakan hewan itu naga. Dari julukan Steyn itulah, penarikan Taman Nasional Komodo malah melahirkan sebuah slogan promosi terbaru yakni Komodo : The Real Wonder Of World. 

Baca Juga : Jangan Mau Bayar Saat Datang Ke Pulau Putri, Ini Alasannya

Walaupun ada di Pulau Komodo, sebenarnya hewan reptil itu berasal dari Australia. Ini terbukti dari sekelompok peneliti yang menemukan fosil komodo berusia 300 ribu – 4 juta tahun di bagian timur Australia. Kemungkinannya, komodo menyebar menuju Pulau Flores sekitar 900 tahun yang lalu dan menghilang dari Australia sekitar 50 ribu tahun yang lalu.

Selain melihat komodo, Pulau ini juga menawarkan pemandangan alamnya yang sangat indah. Tak bisa dipisahkan dengan pantainya, begitu memutuskan untuk menyelam ke bawah laut, kamu akan disuguh oleh pemandangan lautnya yang indah. Kamu bisa melihat 385 spesies karang indah, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba,  6 macam paus, penyu hijau, hiu dan hewan laut lainnya.

Untuk mencapai Pulau Komodo, kamu bisa naik maskapai pesawat manapun dari Jakarta menuju Denpasar selama 1 jam sebelum akhirnya melanjutkan penerbangan selama 1 jam lagi menuju Labuan Bajo. Kamu juga bisa menaiki pesawat dari Jakarta langsung ke Labuan Bajo. Hanya saja maskapai yang tersedia hanyalah Garuda dan Wings dengan jarak tempuh sejauh 1.898.9 km . 

Bagaimana, Sobat Mojou ada yang tertarik datang ke Pulau Komodo? Share pengalamanmu di kolom komentar ya jika kalian pernah ke sana! (ans)

Baca Juga : Mengenal Pulau Sangalaki Kalimantan Timur Si Rumah Para Anak Penyu

Comment here