ArtikelJournalTips

Mau Keluar Negeri? Sudah Buat Paspor Belum?

moslemjourney.com Adakah Sobat Mojou yang mempunyai keinginan untuk pergi travelling ke luar negeri? Nah, selain mempersiapkan bawaan yang akan dibawa seperti pakaian, obat – obatan maupun perlengkapan pribadi seperti perlengkapan mandi dan lain – lain, ada juga yang harus dipersiapkan lagi yaitu paspor. Adakah Sobat Mojou yang mempunyai keinginan untuk pergi travelling ke luar negeri? Nah, selain mempersiapkan bawaan yang akan dibawa seperti pakaian, obat – obatan maupun perlengkapan pribadi seperti perlengkapan mandi dan lain – lain, ada juga yang harus dipersiapkan lagi yaitu paspor. 

Berdasarkan  UU Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2011 pasal 1 no. 16 tentang Kemigrasian, Paspor Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia yang berwenang dari suatu Negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar Negara selama jangka waktu tertentu. Singkatnya, paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi yang berisi identitas diri supaya memudahkan kamu untuk berpindah dari satu negara ke negara lainnya yang bebas visa. 

Baca Juga : 2 Spot Snorkeling dan Diving, Cantik Banget!

Paspor pun ada banyak jenisnya. Ada paspor biasa, paspor dinas, paspor diplomatik, paspor haji dan lainnya. Pastikan tujuan perjalananmu sebelum membuat paspor ya, Sobat Mojou. Nah, karena tujuannya hanya untuk travelling, kita cukup memilih paspor biasa saja. Kemudian untuk pembuatannya, ada syarat – syarat yang harus kamu penuhi sebelum mengajukan pembuatan paspor, yakni membawa dokumen – dokumen seperti Kartu Keluarga, KTP, Akta Kelahiran ( bisa juga membawa Akta Perkawinan dan Buku Nikah ) , dan surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama. Tak ada batasan umur untuk membuat paspor, anak – anak tetap harus dibuatkan paspor membawa dokumen – dokumen diatas.

Mengutip dari website resminya, masa berlaku paspor adalah 5 tahun sejak paspor diterbitkan. Untuk biaya pembuatan paspor juga bergantung dari berapa banyak halamannya. Jika kamu membuat paspor sebanyak 24 halaman maka biaya yang harus dikeluarkan adalah sebanyak Rp. 100.000 sementara jika membuat paspor 48 halaman maka akan dikenakan biaya sebesar Rp. 300.000 . 

Baca Juga : Selamat Jalan Bapak Teknokrat BJ. Habibie

Jangan lupa, setelah berhasil mendapatkan paspor dan pergi travelling ke tempat impian, simpan paspor kalian di tempat yang aman ya! Karena jika Sobat Mojou menghilangkan paspornya, maka kamu harus kembali ke kantor imigrasi dengan membawa Surat lapor kehilangan dari kepolisian setempat, Kartu tanda penduduk yang masih berlaku dan Kartu keluarga ditambah biaya sesuai dengan jenis paspor yang kamu miliki. Paspor dengan 24 halaman sebesar Rp. 200.000 dan paspor dengan 48 halaman sebesar Rp. 600.000 . (ans)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Comment here