ArtikelFinansialJournal

Mata Uang Di 5 Negara Favorit Asia

moslemjourney.com – Setiap negera memiliki bahasa, kebiasan, dan sistem pemerintahan yang berbeda-beda. Dalam betransaksi, setiap negara juga memiliki mata uang dengan nilai dan memiliki nilai tukar bertransaksi yang berbeda. Karena nilai mata uang ini dipengaruhi oleh bank dunia dan kebutuhan ekonomi di setiap negara.

Tahukah sobat Mojou, kalau di benua Asia memiliki berapa jenis mata uang untuk bertrasnsaksi? Di negara Benua Asia terdapat sekitar 20 jenis mata uang yang digunakan untuk betransaksi. Jika sobat Mojou mengunjungi negara di Benua Asia, jangan sampai salah atau tidak membawa mata uang yang berlaku di negara ini.

Karena nilai tukar yang dimiliki mata uang disetiap negara memiliki nila tukar yang berbeda-beda. Yuk cari tahu informasi seputar mata uang di Benua Asia yang bisa membantu sobat mojou saat ingin travelling.

1. China


Mata uang negara China adalah Yuan aslinya negara China memiliki nama resminya adalah Renminbi. dengan kode CNY dan CNH , symbol ¥ atau 元, bank sentral yang ada di China yaitu People’s Bank of China, uniknya mata uang ini sangat mencolok dengan gambar Mao Zedong dan terangnya warna merah. Pertukaran nilai satu CNY mendapatkan 1985.92 rupiah, sedangkan CNH mendapatkan 1987.80 rupiah per 16 September 2019.

Baca juga: 4 Tips Realistis Menghemat Uang Untuk Perjalanan Para Traveler Muda

2. Rusia


Pada  awalnya mata uang Rusia berupa koin emas dan platinum, namun sejak tahun 1919 Rusia merubah mata uangnya menajadi berbentuk kertas.  Mata uang Rusia dikenal dengan Rubel (RUB) dengan simbol ₽. Jika ditukar dalam rupiah, Rubel memiliki nilai tukar sebesar  219.73 rupiah untuk 1 RUB per 16 September 2019.

3. Jepang


Mata uang negara Jepang adalah Yen. Dengan kode JPY, dan symbol ¥ bank sentral yang ada di Jepang yaitu Bank of Japan. Dari perdagangan mata uang asang, Yen jepang merupakan salah satu mata uang paling sering digunakan. Pertukaran nilai satu Yen mendapatkan 130,34 rupiah per 16 September 2019.

4. Turki


Mata uang Turki adalah Turkish Lira dengan (L/TRY) dengan symbol ₺, mata uang ini merupakan mata uang baru yang mulai di miliki Turki dan berlaku sejak tahun 2005. Untuk bisa mendapatkan mata uang ini, jika ditukarkan dalam rupiah, 1 Turkish Lira bisa ditukar sebesar 2451.76 rupiah Indonesia per 16 September 2019.

5. Malaysia


Mata uang Malaysia adalah Ringgit dengan kode MYR dan symbol RM, bank sentral yang ada di Malaysia adaalah Bank Negara Malaysia. Uang ringgit resmi di negara Malysia semenjak tahun 1975. Uang ringgit Malaysia teridir dari pecahan uang kertas dan juga uang koin. Pertukaran nilai satu Ringgit mendapatkan 3370.47 rupiah Indonesia er 16 September 2019.




Baca juga: Jangan Lupa Visa Sebelum Traveling

Dari mata uang di atas, bisa berubah-rubah di setiap harinya ya sobat Mojou. Jangan lupa mengenali mata uang yang ada di Asia, agar bisa memudahkan sobat Mojou melakukan transaksi di negara yang sedang kamu kunjungi, semoga bermanfaat ya sobat mojou. (PS/IF)

 



 

Comment here