BeritaNasional

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Segera Dibuka Kembali Untuk Umum

Segera Dibuka Kembali

Moslem Journey – Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Arab Saudi segera dibuka kembali untuk umum setelah di tutup bulan Maret lalu. Kabar tersebut disampaikan oleh Kepala Dewan Pengurus dan Imam Besar Masjid Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais yang tersebar di Twitter.

Melalui informasi tersebut Sheikh Abdul menyampaikan, dua masjid suci di Arab Saudi tersebut akan kembali di buka untuk umum dan berjalan dengan normal. Namun, belum ada tanggal spesifikasi atau pasti kapan pembukaan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan dilakukan.

Masjidil Haram akan segera kembali dibuka untuk ibadah tawaf dan salat lima waktu/sunnah. Begitu juga dengan Masjid Nabawi yang juga akan dibuka untuk salat lima waktu/sunnah dan ziarah ke makam Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

“Hari-hari (akan datang) ketika kesedihan akan dijauhkan dari umat Islam dan kami kembali ke Dua Masjid Suci untuk Tawaf (berkeliling di sekitar Ka’bah Suci), Sa’i (ritual berlari kecil di antara bukit-bukit Safa dan Marwah) dan berdoa di Al-Rawdah Sharif dan menyapa Nabi (SAW),” kata Sheikh Abdul dikutip dari Tempo, Kamis (30/4).

Sheikh Abdul meminta kepada kaum muslimin untuk berdoa meminta kebaikan ke dua masjid suci di Arab Saudi tersebut. Arab Saudi tidak akan membuka Masjidil Haram dan Masjid Nabawi secara terburu-buru dan akan mengambil tindakan sesuai kepentingan bersama.

“Kita tidak dapat terburu-buru dalam membuka Masjidil Haram dan Masjid Nabawi karena semua langkah yang diambil adalah untuk kesejahteraan kita bersama,” kata kata Sheikh Abdul.

Menurut laporan Daily Mail, saat ini kegiatan salat tarawih tetap dilakukan di kedua masjid tersebut, hanya saja tidak dibuka untuk masyarakat umum. Salat pun dilakukan dengan shaf atau baris berjarak aman satu sama lain, supaya dapat  mencegah penyebaran virus corona.

Mereka yang diizinkan untuk salat tarawih di kedua masjid suci tersebut diharuskan mematuhi jarak sosial atau jarak aman yang di awasi oleh anggota kepolisian Arab Saudi. Sebelumnya, di tahun-tahun lalu Masjidil Haram selalu ramai selama bulan Ramadan.

Namun situasi berubah menjadi sepi semenjak pembatasan sosial dan penerapan lockdown dilakukan di Arab Saudi karena penyebaran virus corona yang sudah terjadi beberapa bukan lalu.

Comment here