ArtikelJournalKuliner

Makanan Khas Wonosobo Yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh

moslemjourney.com – Siapa bilang makanan khas suatu daerah hanya bisa di makan di daerah tersebut. Seperti makanan khas yang ada di daerah Wonosobo, terdapat beberapa makanan khas yang dapat tahan lama dan bisa dijadikan oleh-oleh untuk kerabat keluarga atau tetangga di rumah. Berikut ini adalah makanan khas Wonosobo yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk Sobat Mojou.

  1. Geplek

gotravelly.com

Tahukah Sobat Mojou, geplek atau lebih dikenal dengan cireng di Jakarta ternyata termasuk makanan khas dari Wonosobo. Makanan yang memiliki khas warna putih ini terbuat dari campuran tepung pati dan daun kucai kemudian digoreng sampai mengembang.

Apabila Sobat Mojou ingin membelinya, Sobat Mojou cukup menemukan penjual gorengan di pinggir jalan-jalan daerah Wonosobo. Selain itu, apabila Sobat Mojou ingin membawa geplek sebagai oleh-oleh ada beberapa penjual yang menjual geplek yang belum matang dan bisa menggorengnya sendiri di rumah.

  1. Kripik Jamur

gotravelly.com

Kabupaten Wonosobo pernah menjadi kawasan penghasil jamur dengan kuantitas yang lumayan besar. Sehingga tak heran apabila di Wonosobo banyak berdiri perusahaan dan industri rumahan yang memproduksi jamur. Banyak olahan makanan jamur yang bisa Sobat Mojou rasakan di Wonosobo namun dengan berjalannya waktu dan inovasi dalam kuliner maka jadilah keripik jamur.

Walaupun Sobat Mojou dapat menemukan keripik jamur di berbagai daerah dan menjadi makanan khas serta oleh-oleh. Wonosobo sudah dari dulu terkenal dengan produksi keripik jamurnya. Selain itu, keripik jamur Wonosobo memiliki rasa yang gurih dan lezat untuk di nikmati. Serta berprotein tinggi bahkan lebih tinggi daripada gandum.

Baca juga: 5 Oleh-Oleh Khas Kota Malang Yang Tak Kalah Enaknya Dengan Apel

  1. Kacang Dieng

gotravelly.com

Sobat Mojou pernah mendengar kacang babi? Ketika mendengar seperti itu, pastinya Sobat Mojou akan berpikir kalau kacang tersebut terbuat dari babi. Sebenarnya tidak, itu hanyalah nama lain dan sebutan warga sekitar dari kacang dieng karena memiliki bentuk yang lebih besar serta lebar dari kacang biasanya.

Kacang dieng biasanya disajikan dengan digoreng dan ditaburi bumbu di atasnya membuat makanan khas ini memiliki rasa yang unik dengan perpaduan renyah serta gurih membuat Sobat Mojou menikati kelezatan dari makanan khas tersebut. Selain itu, kacang dieng juga kaya akan dengan gizi yang cocok untuk kesehatan Sobat Mojou.

  1. Carica

gotravelly.com

Selain kacang dieng yang hanya bisa ditemukan di Wonosobo, carica juga termasuk buah yang suit ditemukan di daerah lain kalau bukan di Wonosobo. Buah carica merupakan buah yang mirip dengan pepaya namun berukuran lebih kecil dan tumbuh subur di wilayah Dieng.

Daging buahnya yang asam dan bijinya yang memiliki rasa asam manis, membuat carica bisa ditemukan dengan berbagai olahan makanan seperti keripik hingga manisan yang dikemas dalam cup atau botol. Untuk bisa menemukan penjual olahan carica Sobat Mojou bisa menemukannya di pinggir jalan sekitar Wonosobo.

  1. Opak Singkong
gotravelly.com

Opak singkong juga dikenal dengan nama opak kucai, dikenal seperti itu karena terbuat berbahan dasar dari singkong dan serta kucai. Cara pembuatanya pun cukup sederhana, cukup dengan rebus singkong dan ditambah kucai dan garam, lalu di tumbuk hingga halus, pipihkan dan dijemur di bawah sinar matahari. Opak singkong yang kering kemudian digoreng hingga matang.

Baca juga: 5 Oleh – Oleh Bandung Yang Paling Dicari Wisatawan

Opak singkong banyak diproduksi de berbagai daerah di Wonosobo seperti Krakal dan Kalibeber. Rasanya yang cenderung gurih dan asin membuat opak singkong cocok di nikmati sebagai cemilan sehari-hari. Selain itu, ada pula opak ketan terbuat dari beras ketan.

Itulah beberapa makanan khas Wonosobo untuk kalian Sobat Mojou yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk kerabat keluarga dan tetangga. Apakah ada makanan khas Wonosobo yang membuat Sobat Mojou tergiur untuk mencobanya? Yuk cobain kelima makanan khas tersebut saat Sobat Mojou jalan-jalan ke wilayah Kabupaten Wonosobo.

(IF)

Comment here