JournalTips

Lakukan Pertolangan Pertama Ini Pada Saat Digigit Ular

moslemjourney.comUlar merupakan hewan tak terduga yang bisa Sobat Mojou temukan dimana-mana. Bahwa di tengah-tengah kota padat penduduk di dalam rumah atau transportasi umum pun Sobat Mojou bisa menemukan ular.

Sobat Mojou perlu berhati-hati apabila menemukan ular di beberapa tempat yang tidak terduga, seperti kejadian yang sempat viral beberapa bulan lalu. Seorang satpam di perumahan Gading Serpong tewas di gigit ular yang dia temukan di daerah tersebut.

Setelah digigit ular satpam tersebut hanya mengalami gatal-gatal di daerah yang digigit ular, namun karena tidak mau diberi obat atau pertolongan pertama. Satpam tersebut akhirnya tewas setelah 30 menit dan pingsan tak sadarkan diri.

Apabila Sobat Mojou digigit ular seperti yang dialami satpam tersebut, Sobat Mojou jangan menganggap sepele dan harus tetap tenang. Karena terdapat beberapa tindakan pertolongan pertama yang harus kalian lakukan untuk membuat racun pada ular tidak menyebar ke seluruh jaringan tubuh.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Sobat Mojou lakukan sebagai pertolongan pertama pada saat digigit ular, hingga Sobat Mojou dibawah penanganan yang lebih serius atau ke rumah sakit.

  1. Jangan Biarkan Area Yang Terkena Gigitan Ular Terlalu Banyak Digerakkan

Misalnya apabila ular menggigit di area kaki, jangan biarkan kaki Sobat Mojou tersebut banyak bergerak supaya memperlambat penyebaran bisa/racun ular di jaringan tubuh Sobat Mojou. Supaya tidak banyak bergerak, Sobat Mojou dapat meletakkan kayu pada dua sisi-sisi kaki yang berbeda lalu diikat. Lakukan hal tersebut seperti pertolongan pada patah tulang.

Baca juga:

  1. Catat Waktu Berapa Lama Sudah Digigit Ular

Pada saat digigit ular, usahakan untuk menggigit atau mencatat waktu kapan Sobat Mojou digigit ular, supaya dokter yang menangani dapat menghitung seberapa banyak waktu yang telah berlalu dan kemungkinan risiko yang akan ditimbulkan.

  1. Lepaskan Semua Aksesoris Di Tangan

Apabila Sobat Mojou digigit ular di area tangan, lepas semua aksesoris atau perhiasan yang dipakai Sobat Mojou seperti cincin atau gelang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari pembengkakan pada tangan Sobat Mojou yang bisa saja terjadi.

  1. Jangan Mengikat Tubuh Dengan Tali Dan Menyedot Racun Dengan Mulut

Saat digigit ular, kebanyakan orang pastinya akan berpikir untuk mengikat tubuh dan menyedot area racun dengan mulut supaya racun keluar. Padahal hal tersebut dinilai tidak efektif, bahkan racun tersebut dapat masuk melalui mulut Sobat Mojou.

  1. Hindari Mengonsumsi Obat Peredam Rasa Sakit

Digigit ular memang terasa nyeri atau sakit pada area yang digigit, kebanyakan orang pastinya akan mengonsumsi obat peredam rasa sakit seperti aspirin atau ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit. Namun ternyata dengan mengonsumsi obat tersebut juga dapat mengencerkan darah yang dapat membuat racun menyebar dengan cepat.

  1. Hindari Teknik Tourniquet

Teknik tourniquet atau memotong/memberhentikan aliran darah yang sudah tercampur racun ular untuk menyebar ke pembuluh darah lain. Teknik ini bisanya menggunakan kain atau dengan tali dengan harapan memberhentikan lajur racun. Cara tersebut dapat merusak banyak pembuluh darah dan dapat menyebabkan komplikasi yang lebih berbahaya.

  1. Segera Menuju Ke Rumah Sakit

Setelah digigit ular, segera mendatangi dokter di rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Meskipun tidak memiliki racun, gigitan ular tersebut dapat berisiko membuat Sobat Mojou terinfeksi tetanus serta bakteri berbahaya.

Baca juga:

Lamanya perawatan akibat gigitan ular tergantung pada jenis ular dan seberapa parahnya dampak racun pada tubuh Sobat Mojou. Terutama pada gigitan ular king kobra yang tentunya butuh perawatan yang lebih intensif dibandingkan dengan gigitan ular lainnya.

Bagi Sobat Mojou yang terkena gigitan ular diharapkan untuk tetap tenang dan segera tangani gigitan dengan tips yang Moslem Journey berikan di atas. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bahkan hingga kematian.

Jangan lupa juga untuk tetap berhati-hati di saat di tempat terbuka seperti hutan atau rawa-rawa yang memungkinkan banyak ular yang bermunculan. Serta gunakan beberapa alat perlindungan atau pakaian yang lebih tertutup pada saat di tempat yang banyak ularnya.

(IF)

Comment here