BeritaPilihan

Kunjungan Kerja Ke Pekanbaru, MENPAR Anggap Serius Pemerintah Riau Kembangkan Pariwisata

Moslem Journey – Pemerintah Provinsi Riau – Pekanbaru, serius mengembangkan pariwisata di daerah setempat. Terutama untuk calon Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pekanbaru di kelurahan Palas, Kecamatan Rumbai.

Keseriusan ini ditinjau langsung oleh Menteri Pariwisata (MENPAR) Arief Yahya melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau pada Selasa (20/8) kemarin. Dalam kunjungannya, MENPAR langsung didampingi Gubernur Riau, Syamsuar dan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus serta penjabat di lingkungan Pemerintahan kota Pekanbaru.

Kedatangan MENPAR ke Pekanbaru bertujuan untuk melihat potensi Riau dan kota Pekanbaru sebagai Kawasan destinasi wisata halal. Selain itu, MENPAR juga meninjau kesiapan calon KEK pariwisata yang berada di kota Pekanbaru dan Pulau Rupat.

“Kunjungan Menpar tadi untuk melihat persiapan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata Kota Pekanbaru dan juga KEK Pulau Rupat. Karena Pekanbaru dan Pulau Rupat ini berada di tengah-tengah pasar, kalau kita melihat pasar dalam kawasan ASEAN,” terang wali kota dikutip dari sindonews.com.

Wali kota Riau telah memaparkan potensi pariwisata yang ada di Pekanbaru secara mendetail kepada MENPAR. Mulai dari Kawasan agrowisata yang akan menggabungkan danau Bandar Khayangan di Rumbai Pesisir hingga ke kawasan Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan).

“Jadi kawasan KEK Pekanbaru itu agrowisata di Kecamatan Rumbai dengan skala sekitar 500 hektar untuk jangka panjangnya, nanti akan dikombain dengan Danau Khayangan di Rumbai Pesisir” ungkap wali kota.

Selain itu, daerah KEK merupakan wilayah yang strategis, karena daerah ini tidak jauh dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

“Daerah ini merupakan lahan bekas perkebunan kelapa sawit. Kita akan transformasi menjadi kawasan pariwisata. Jaraknya tidak terlalu jauh. Hanya sekitar 30 menit perjalanan dari bandara,” kata Gubernur Riau Syamsuar dikutip dari tribunnews.com.

MEMPAR tidak hanya sekadar berkunjung dan meninjau kesiapan Pekanbaru dalam mengembangkan pariwisata. Namun, MEMPAR memberikan dukungan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Bandar Bakau, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat.

Bentuk dukungan itu berupa bantuan sarana dan prasarana. Seperti sound system/ speaker aktif/ mic/ pengeras suara, seprei untuk homestay, alat-alat kebersihan, dan lampu sorot HPI-T 150 watt 4 buah. MENPAR juga berpesan kepada generasi milineal untuk bisa mempopulerkan Gerakan sadar wisata melalui digital.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, secara umum Riau sudah seius dalam mengembangan sektor pariwisata. Oleh karena itu, ia mengajak pemeritah daerah setempat dan juga praktisi pariwisata untuk menentukan daya tarik yang bisa mendatangkan wisatawan. (IF)

Comment here