ArtikelDestinasiJournal

Kota Tanpa Matahari? Ternyata Tempat Ini Ternyata Benar-Benar Ada

moslemjourney.com— Sobat Mojou sering mengeluh dengan panas karena dihasilkan karena teriknya matahari? Padahal tanpa matahari berarti akan ada banyak aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya terhambat. Misalnya, matahari dibutuhkan tumbuhan untuk berfotosintes. 

Energi panas matahari juga berguna untuk memenuhi sumber energi dan menerangi bumi. Manusia juga membutuhkan matahari untuk menjemur pakaian. Apabila masih pagi, sinarnya masih mengandung vitamin D3 yang berguna bagi tubuh.

Ternyata, banyak sekali manfaat matahari bagi manusia ya, Sobat Mojou? Tapi sayangnya, ada sebuah wilayah di Bumi dimana tidak akan melihat matahari selama 65 hari. Wah, kira-kira bisa sampai satu setengah tahun lho! 

Baca Juga : Berwisata Kereta di Kota Salju Abadi Yakutsk

Fenomena yang disebut malam kutub ini benar-benar terjadi di kota Utqiagvik, Alaska. Matahari terlihat terbenam terakhir kali pada Minggu (18/11/19). Penduduk lokal harus menunggu waktu yang lama untuk melihat matarahi, yakni 23 Januari 2019 mendatang sekitar pukul 1:04 (AKST). 

Mengutip dari Time and Date, kota ini berada di bagian paling Utara Amerika, maka tidak heran jika matahari seakan lenyap dari angkasa. Fenomena ini tak hanya terjadi di kota Utqiagvik saja, melainkan juga beberapa wilayah di Alaska seperti Kanada, Greenland, Finlandia, Rusia dan Swedia. 

Terkadang, matahari akan muncul enam derajat di bawah cakrawal. Biasanya matahari akan ada selama enam jam, atau justru berkurang menjadi tiga jam. Selain itu, suhu bisa berubah sekitar 10-15 derajat celcius. 

Namun saking terbiasanya dengan fenomena ini, penduduk lokal justru merayakan awal dimulainya malam kutub. Aktivitas juga berjalan seperti biasa, bahkan penerbangan tetap berjalan seperti biasa. Hal itu disampaikan oleh salah satu orang yang akan pergi ke kota ini. 

Baca Juga : Bentuk Partikel Kepingan Salju, Ternyata Begini…

Gimana, Sobat Mojou? Tertarik untuk datang ke kota ini? Jika kamu pernah ke kota yang serupa dengan kota Utqiagvik jangan lupa share di kolom komentar ya! Selamat berpetualang! (ans)

Comment here