ArtikelPilihan

Kota Ta’if , Arab Saudi Rasa Puncak.

moslemjourney – Kali ini Mojou akan membahas sebuah kota yang berada di bagian Barat Arab Saudi yaitu kota Ta’if yang memberikan suasana sejuk, dingin dan nyaman. Jika di Indonesia punya kota Bogor dengan dinginnya daerah puncak maka di Arab saudi ada kota Ta’if. Kota ini berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut di lereng Pegunungan Sarawat. Suhu di kota Ta’if pun bisa mencapai 20 derajat celcius lebih dingin dibanding kota-kota lain di Arab Saudi.

Bisa dikatakan untuk memasuki wilayah ini tidak mudah, karena harus memiliki visa khusus. Wajar saja karena selain dikenal sebagai tempat istirahat para pejabat dan keluarga kerajaan, di tempat ini pun terdapat sejumlah pangkalan militer Arab Saudi, termasuk sekutunya Amerika Serikat.

Buat sobat Mojou yang sudah pergi Haji atau Umroh tentunya kota Ta’if ini pasti ada di list di perjalanan kalian kan ? buat yang belum pergi Haji atau Umroh, sobat Mojou bisa menambahkan kota Ta’if untuk destinasi travelling kalian. Kenapa begitu ? karena kota Ta’if menawarkan suhu yang lebih rendah dibandingkan kota-kota lain yang berada di Arab Saudi. Tak hanya itu sobat Mojou pun bisa menilik tapak tilas Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam di kota Ta’if.

Pada masa itu Rasulullah melakukan dakwah di kota Ta’if namun dakwahnya ditentang hebat oleh kaum Quraisy. Ketika itu juga Rasulullah mendapatkan kabar duka bahwa bapa saudaranya, Abu Talib dan isteri tercinta, Khadijah r.a. kembali ke rahmatullah. Ditemani Zaid Haritsah, Rasulullah menuju ke Taif yang berjarak tidak sampai 100 km dari kota Makkah.

Ketika sampai disana baginda Rasul menyangka bahwa penduduk Taif dapat menerima kehadiran beliau tetapi tanpa disangka mereka menolak serta mencemooh baginda Rasul. Akhirnya, Rasulullah kembali ke Makkah dan seterusnya berhijrah ke Madinah.

Buat sobat Mojou yang singgah ke kota Ta’if kalian bisa menikmati destinasi-destinasi seperti Masjid Abdullah bin Abbas, kebun Addas, Masjid Kuk atau dikenali sebagai masjid siku, al-Qantarah dan al-Madhun, rumah Abdullah bin Abbas, Muzium As-Shariff, kilang minyak wangi, pasar buah dan Masjid Qarnul Manazil.

Selain dikenal dengan udaranya yang dingin kota Ta’if juga terkenal sebagai penghasil buah-buahan segar terutama anggur, delima dan buah zaitun, bunga mawar dan madu yang menyebabkan kota Taif semakin popular.

Buat sobat Mojou yang sudah pernah ke kota Ta’if, yuk tulis pengalaman kalian di kolom komen. Buat yang belum kalian bisa menambahkan kota Ta’if ke list destinasi kalian ya dan di tunggu cerita seru kalian ke kota yang dingin layaknya puncak Bogor. (ms)



Comment here