BeritaNasional

Ketahui Tempat Terbatas Bandar Udara Ini Yang Manjadi Tempat Terlarangan Untuk Berfoto

moslemjourney.com – Saat berada di Bandara Udara dan ingin berfoto di dekat tempat pemeriksaaan keamanan atau security checkpoint, pernahkah Sobat Mojou di tegur untuk jangan mengambil gambar (foto) oleh petugas Bandar Udara di dekat daerah tersebut. Hal tersebut dilakukan karena ternyata tempat pemeriksaan keamanan tersebut merupakan salah satu daerah yang dilarang untuk mengambil gambar (foto).

Alasannya karena dapat mengganggu keamanan dan keselamatan penerbangan. Selain itu, hasil dari gambar (foto) tersebut juga dapat digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk hal-hal yang tidak diinginkan seperti mendokumentasikan hal yang confidencial (rahasia) berupa data-data penumpang.

Larangan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (PM) 80 Tahun 2017 Tentang Keamanan Penerbangan pasal 5.2.8 untuk penyelenggara Bandar Udara atau Badan Usaha Bandar Udara harus memastikan bahwa pengambilan gambar (foto) di tempat-tempat tertentu di daerah keamanan terbatas harus dilarang, kecuali atas izin dari Kepala Bandar Udara.

Baca juga: Keren ! 8 Bandara Terindah di Dunia, China Juaranya

Sedangkan untuk daerah-daerah tertentu yang dilarang untuk mengambil gambar (foto) sesuai yang dimaksud di pasal di tas sesuai dengan pasal 5.2.9, yaitu:

– Tempat pemeriksaan keamanan penerbangan:

– Tempat pengendalian keamanan penerbangan (access control point);

– Tempat pelayanan keimigrasian; dan

– Tempat pelayanan kepabeanan.

Dari ke empat tempat tersebut memang termasuk kedalam tempat-tempat penting di Bandar Udara yang biasanya digunakan untuk kegiatan-kegiatan penting untuk mengurusi data penerbangan dan penumpang. Sehingga menjadi tempat terbatas yang harus di jaga dengan ketat.

Baca juga: Terbang Ke AS Hanya 8 Jam Dengan Pesawat Kelas Bisnis? Begini Sebenarnya Kelebihan Pesawat Kelas Bisnis

Bagi Sobat Mojou yang ingin mengabadikan Bandar Udara dengan mengambil gambar (foto) dapat menghindari ke empat tempat tersebut. Supaya tidak berurusan dengan petugas Bandar Udara dan dapat mengganggu suasana hati Sobat Mojou untuk melakukan perjalanan.

(IF)

Comment here