ArtikelPilihan

Kenapa Setir Kemudi Kebanyakan di Sebelah Kiri ?

moslemjourney – Tahukah kalian sobat Mojou bahwa di Amerika dan berbagai negara Eropa kecuali Inggris menerapkan setir kemudi di sebelah kiri sedangkan kebanyakan negara lainnya menerapkan setir kemudi di sebelah kanan. Adapun negara-negara yang menerapkan itu adalah negara-negara bekas jajahan Inggri seperti Indonesia, Malaysia , Jepang, Australia, India, Singapura dan tak lupa negara Inggris. Dimana negara Inggris lah yang mencetuskan kemudi di sebelah kiri.

Kenapa demikian, pasalnya dulu semasa perang, Ksatria di Kerajaan Inggris memiliki kebiasaan menggunakan kereta perang. Saat berperang, mereka beradu pedang dengan musuhnya yang berada di sebelah kanan. Sehingga Inggris menerapkan untuk setir kemudi diletakan di sebelah kanan. Tak hanya itu asal-usul setir kanan terkait dengan kebiasaan ketika Inggris berada di bawah kekuasaan Romawi.

Karena pada dasarnya tangan kanan lebih kuat dibanding tangan kiri sehingga tangan kanan akan kuat mencengkram setir kemudi dibandingkan tangan kiri yang khusus untuk menggeser tuas transmisi, menyetel AC, radio, dan tombol-tombol minor lainnya. Dengan setir kiri disini, tangan kanan yang dominan justru lebih disibukkan macam-macam selain menyetir.

Atau lebih mudahnya perbedaan yang paling jelas adalah pada pengoperasiannya, terutama bila menggunakan transmisi manual. Tangkai transmisi selalu di tengah, sehingga setir kanan membuat tangan kanan yang permanen menyetir, sementara setir kiri membuat tangan kiri yang selalu memegang setir.

Namun di akhir tahun 1700-an, di Prancis dan Amerika Serikat kusir sado mengangkut hasil pertanian menggunakan sado besar yang ditarik oleh beberapa pasang kuda. Sado tersebut tidak memiliki kursi pegemudi. Pada saat itu kursi pengemudi diletakan di sebelah kiri kuda gunanya agar tangan kanan memegang cemeti dan mencambuk kuda.

Stephen Laing, kurator di Museum Transportasi Inggris di Warwickshire mengatakan “Hampir semua orang melakukan aktivitas dengan tanan kanan. Mereka biasanya mengendalikan kuda dengan tangan kiri dan membawa senjata dengan tangan kanan. Posisi ideal untuk bertempur,”

Kebiasaan melaju di sisi kiri atau kanan jalan tak selamanya bersifat permanen. Pemerintah Inggris melakukan kajian tentang kemungkinan beralih ke setir kiri pada 1969 setelah negara Swedia pun mengganti sistem setir kanan ke setir kiri pada tahun 1967.

Hingga berjalannya waktu keputusan untuk mengubah sistem terbilang terlalu mahal dan wacana setir kiri di Inggris tak pernah diterapkan. Ketika itu, diperkirakan ongkos untuk mengubah sistem sekitar Pound 264 juta yang setara dengan Pound 4 miliar dengan nilai uang pada 2018.

Stephen Laing menjelaskan nyaris tidak ada kemungkinan bagi Inggris untuk beralih ke sistem setir disebelah kiri.

“Semua infrastruktur yang ada didesain untuk menyesuaikan dengan sistem setir kiri. Saya tak melihat Inggris akan mengubah semuanya di masa depan,” imbuh Laing.

Penerapan posisi setir kemudi di suatu negara mengacu pada aturan lalu lintas yang diberlakukan di negara tersebut. Jika lalu lintasnya menggunakan lajur kiri, maka setir berada di sebelah kanan. Begitupun sebaliknya.

Nah mengutip informasi di www.worldstandars.eu, dari 11 negara yang tergabung di ASEAN, enam diantaranya menggunakan setir kanan, sedangkan lima menggunakan setir kiri. Negara-negara yang menggunakan setir kanan adalah: Indonesia , Malaysia, Singapura , Brunei Darussalam , Thailand , Timor Leste. Sedangkan negara-negara yang menggunakan setir kiri adalah: Kamboja , Myanmar, Laos, Vietnam , dan Filipina.

Dikatakan pemberlakuan SIM ASEAN diyakini dapat mempererat hubungan antar negara di Asia Tenggara. Namun penerapannya belum bisa dipastikan kapan akan dimulai.

Nah buat sobat Mojou kalian lebih nyaman kemudi sebelah kiri atau sebelah kanan nih ? jangan lupa komen di bawah. (ms)



Comment here