ArtikelTransportasi

Kenali Jalur Lambat dan Jalur Cepat

moslemjourney.com – Peraturan tentang lalu lintas sebenarnya sudah sangat jelas dan tegas di dalam undang-undang. Khususnya dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Angkutan Darat, Pasal 108 ayat (3), yang berbunyi seperti ini :

“Sepeda Motor, Kendaraan Bermotor yang kecepatannya lebih rendah, mobil barang, dan Kendaraan tidak bermotor berada pada lajur kiri jalan.”

Foto : Pojok Jabar

Namun berbicara tentang jalur kiri dan kanan atau lebih kita jelaskan lagi jalur lambat dan jalur cepat masih saja banyak yang melanggar aturan tersebut. Padahal sudah sangat jelas bahwa siapa saja yang melanggar peraturan lalu lintas akan diberikan sanksi dan denda. Nah sobat Mojou sendiri apakah kalian tau perbedaan antara jalur lembat dan jalur cepat ? mungkin  beberapa pengendara ada yang sudah tahu dan ada yang belum. Tapi jika yang belum tahu mungkin masih bisa dimaklumi tapi bagaimana jika sudah tau apa itu jalar cepat tapi masih saja menerobos dan masuk ke jalur cepat.

Baca Juga : Ingat Jarak Aman Batas Kecepatan Kendaraan

Adapun pengertian tentang Jalur Lambat adalah jalur yang diperuntukan untuk kendaraan yang berjalan lebih lambat, biasanya berada di sisi paling kiri jalur, jalur lambat ini sebenarnya diperuntukan untuk kendaraan motor beroda doa dan angkutan umum. Seperti bunyi pada pasal di atas yang menjelaskan bahwa Sepeda Motor, Kendaraan Bermotor yang kecepatannya lebih rendah, mobil barang, dan Kendaraan tidak bermotor berada pada lajur kiri jalan. Namun tetap saja banyak pengendara sepeda motor yang masuk ke jalur cepat dan tak heran jika terjadi razia pengendara tersebut akan langsung digiring atau diberhentikan.

Sedangkan untuk pengertian Jalur Cepat sendiri adalah jalur yang diperuntukkan bagi kendaraan yang ingin melintas lebih cepat, biasanya di jalur cepay ini hanya mobil yang diperbolehkan melintas dijalur ini.

Baca Juga :Seorang Ayah di Razia oleh Anaknya Sendiri



Sudah sangat jelaskan bahwa jalur cepat memang tidak diperuntukkan oleh sepeda motor, informasi tentang jalur lambat dan cepat pun memang belum semua pengendara mengetahui jadi pantas saja masih banyak pengendara di jalur lambat tang menyerobot ke jalur cepat. Disamping itu peranan polantas pun sangat berpengaruh penting di lapangan untuk selalu menertibkan pengendara-pengendara yang masuk ke dalam jalur cepat.

Sekarang sobat Mojou sudah tahu kan perbedaan Jalur Lambat dan Jalur Cepat jadi jangan sampai keliru lagi ya. Tetap patuhi peraturan yang ada demi kenyamanan dan keamanan bersama pengguna jalan. (ms)

Comment here