Tips

Kenali Gejala Jetlag dan Cara Mengatasinya

sumber foto: lifestyle.okezone.com

Moslemjourney.com – Bagi Sobat Mojou yang kerap bepergian menggunakan pesawat dengan jarak yang jauh pasti pernah merasakan gangguan tidur bukan? Kalau iya, bisa dipastikan Sobat Mojou terkena Jet Lag.

Apa itu Jet Lag?

Jadi, jet lag meupakan sebuah gangguan tidur akibat melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat dan melewati zona waktu yang berbeda contohnya ketika ke luar negeri seperti Eropa atau Amerika. Gangguan tidur yang terjadi berupa rasa kantuk di siang hari dan sulit tidur di malam hari.

Hal tersebut terjadi karena ketika sedang dalam perjalanan ke zona waktu yang berbeda, tubuh tidak bisa langsung menyesuaikan diri dengan waktu setempat. Ini juga terjadi karena tubuh pada dasarnya mempunyai jam biologis yang sama dengan zona waktu sebelumnya.

Apa Gejala Jet Lag?

Seperti tertulis di atas, jet lag ditandai dengan mengantuk di siang atau pagi hari dan tidak bisa tidur di malam hari biasanya juga ditambah dengan rasa lelah. Siapa saja bisa mengalami jet lag baik bayi, anak-anak, orang dewasa, maupun lansia.

Beberapa gejala lain yang dapat dirasakan adalah sakit kepala atau pusing, mual, sulit konsentrasi, perubahan mood, dehidrasi, jantung berdebar, gangguan pencernaah dan gangguan kecemasan.

Apa Saja Penyebab Jet Lag?

Selain karena ketidakmampuan tubuh untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu yang berbeda, jet lag juga bisa terjadi akibat pengaruh paparan sinar matahari. Tidak sampai di situ, beberapa hal lain yang menjadi pemicu Jet Lag adalah perubahan tekanan udara di dalam kabin pesawat, ketinggian pesawat dari permukaan laut dan Kelembapan udara yang rendah di dalam pesawat.

Bagaimana Cara Mengatasi Jet Lag?

Sobat Mojou yang terlanjur mangalami jet lag, mungkin bisa menjalani pengobatan dengan terapi cahaya. Terapi ini menggunakan paparan sinar matahari langsung atau lampu UV agar seseorang bisa sembuh dari Jet Lag. Namun, untuk melakukan terapi ini, Sobat Mojou harus tetap terjaga.

Selain terapi cahaya, Sobat Mojou pun bisa minum obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Salah sau obatnya adalah zolpidem yang mampu membantu Sobat Mojou untuk tidur. Obat ini juga mampu meningkatkan durasi dan kualitas tidur di malam hari.

Bagaimana Cara Pencegahan Jet Lag?

Nah, untuk Sobat Mojou yang tidak ingin mengalami jet lag, bisa mengantisipasinya dengan cara tidur dan bangun lebih cepat atau lebih lama dari biasanya. Hal tersebut dapat dilakukan beberapa hari sebelum penerbangan.

Selain itu, ubah jam sesuai dengan tempat tujuan agar nantinya Sobat Mojou bisa menyesuaikan aktivitas dengan waktu setempat. Jangan lupa juga untuk minum air putih selama penerbangan agar tidak dehidrasi.

Lebih lanjut, hindari alkohol dan kafein karena dapat membuat susah tidur. Pastikan juga Sobat Mojou tidak mengkonsumsi makanan berat sebelum pesawat mendarat dan pastikan Sobat Mojou terpapar matahari ketika sampai tempat tujuan agar tidak memperparah gejala jet lag.

Terakhir, jangan lupa gunakan penyumbat kuping dan penutup mata untuk mengurangis suara dan paparan cahaya selama tidur di pesawat.

Itulah penjelasan mengenai jet lag baik gejala maupun cara mengatasinya. Jika menurut Sobat Mojou informasi ini bermanfaat, yuk share. Baca juga artikel seputar traveling lainnya hanya di Moslemjourney.com

Artikel ini dilansir dari alodokter.com

RDA

Comment here