BeritaNasional

Kemenkes: Kami Mampu Deteksi Virus Corona

sumber foto: Kompas.com

Moslemjourney.com – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan Siswanto mengatakan laboratorium Kemenkes mampu mendeteksi virus corona. Karena lab yang ada merupakan lab rujukan nasional penyakit infeksi.

“Saya ingin katakan bahwa laboratorium kami yang disebut lab rujukan nasional penyakit infeksi pada dasarnya mampu melakukan itu (deteksi virus korona),” kata Siswanto pada Senin (10/2) seperti dilaporkan tempo.co

Lebih lanjut, Siswanto mengatakan laboratorium Balitbang Kemenkes telah berpengalaman dalam memeriksa menyakit yang baru muncuk atau new emerging yang menginfeksi manusia, contohnya virus corona.

Menurutnya, penyakit new emerging yang pernah diperiksa di laboratorium Balitbang Kemenkes antara lain virus H5N1 atau flu burung. Kemudian ada juga MERS CoV atau flu onta dan SARS.

Proses pemeriksaan virus baru biasanya menggunakan pendekatan biomolekuler. Sehingga dalam pemeriksaannya menggunakan PCR atau Polymerase Chain Reaction. Total untuk memeriksa virus biasanya satu hari.

Siswato pun mengatakan, pemeriksaan di laboratorium sudah menggunakan standar dan diakreditasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Saya hanya ingin katakan bahwa selama ini ada berita-berita yang menyangsikan. Jadi kami mampu, karena kami sudah pengalaman dalam flu burung hingga MERS CoV,” papar Siswanto.

Comment here