ArtikelBeritaCampurJournalNasionalTransportasi

Kemenhub Bagikan Bus Sekolah Untuk Pondok Pesantren

sumber foto : jateng.tribunnews.com

Moslemjourney.com – Sekitar enam pondok pesantren di wilayah Temanggung, Wonosobo, Magelang dan Purworejo mendapatkan bantuan bus sekolah dari Kementerian perhubungan, Senin (16/12). Bus-bus tersebut nantinya dapat digunakan untuk kegiatan operasional pesantren.

Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Ahmad Yani mengatakan, sepanjang tahun 2019 ini Kementerian Perhubungan telah membagikan sebanyak 200 bus kepada beberapa pondok pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bantuan tersebut diberikan atas permintaan dari pondok pesantren sendiri maupun perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Pesantren yang menerima bantuan bus juga banyak yang dari luar pulau jawa. “Ada Padang, Makassar dan Papua,” kata Ahmad usai penyerahan bus di Pendopo Pengayoman Temanggung seperti dimuat Kumparan pada Senin (16//12).

Yani mengatakan, alasan bantuan bus diberikan kepada sejumlah pondok pesantren karena pondok pesantren termasuk bagian dari sistem pembelajaran. Mengingat bantuan ini memang dikhususkan untuk lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia.

Ditambah, Menteri Perhubungan sendiri yang menyarankan agar bantuan sampai kepada pondok pesantren. Sebab, pondok pesantren merupakan bagian yang tidak terpisahkann dalam meningkatkan sumber daya manusia.

“Harapannya agar dengan adanya bantuan kendaraan ini supaya bisa digunakan secara maksimal dan optimal untuk kegiatan di pondok pesantren. Sehingga bisa meningkatkan kemampuan para santri agar bisa menjadi lebih baik lagi,” tutur Yani.

Atas bantuan bus dari Kemenhub, Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq menyampaikan rasa terimakasihnya dan berharap agar bantuan bus sekolah terus ada dan lebih banyak lagi jumlahnya. Menurutnya, dengan adanya bus sekolah maka akan memajukan pendidikan dan juga perekonomian masyarakat.

“Terimakasih sebesar-besarnya kepada Kementerian Perhubungan yang memberikan bantuan bus di pondok pesantren Kabupaten Temanggung, Magelang, Purworejo dan Wonosobo. Ini dapat berperan memajukan Kabupaten Temanggung agar lebih modern untuk masyarakat,” tuturnya.

Dikatakan, sebelumnya juga pernah ada bantuan seperti rambu zona selamat sekolah, rambu lalu lintas, godril, penerangan jalan, dan hal lain yang berhubungan dengan jalan. Kementerian Perhubungan kini diharapkan agar memberikan bantuan lain berupa mobil derek agar memudahkan mengangkut kendaraan yang mogok atau kecelakaan.

Comment here