ArtikelJournalTips

Kelebihan E-Paspor Dibandingkan Paspor Non Elektronik Biasa

Instagram ditjen_imigrasi/blog.pergi.com

moslemjourney.com – Bagi sobat Mojou yang ingin atau suka travelling ke luar negeri, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya “Paspor”. Karena, paspor merupakan hal yang penting di bawa saat travelling ke luar negeri. Jangan sampai, sobat Mojou yang niatnya ingin bersenang-senang travelling ke luar negeri, malahan harus di berurusan dengan pihak berwajib hingga dideportasi pulang ke Indonesia. Bukanlah hal yang sangat menyebalkan bukan?

Di Indonesia, untuk mendapatkan paspor sobat Mojou bisa langsung ke kantor Imigrasi terdekat di daerah kalian. Nantinya, sobat Mojou bisa membuat paspor yang berbentuk paspor non elektronik (paspor buku biasa) atau eleketronik paspor (e-paspor). Tapi tahukah sobat Mojou kalau e-paspor itu lebih aman, mudah dan bisa mendapatkan visa gratis di beberapa negara? yuk sobat Mojou kita ulas seputar e-paspor ini.

Perbedaan E-Paspor Dengan Paspor Non Elektronik

E-paspor dan non e-paspor biasa memiliki fungsi yang sama, sama-sama sebagai dokumen identitas pengguna saat travelling ke luar negeri. Hanya saja, sobat Mojou yang menggunakan e-paspor akan lebih mudah dan lebih aman dari penggunaan paspor non elektronik. Karena e-paspor terdapat chip yang dapat mencegah adanya duplikasi dokumen identitas hingga dokumen identias palsu.

Selain meningkatkan keamanan, sobat Mojou juga akan mudah mendapatkan persetujuan visa kunjungan karena menggunkan e-paspor mudah diverifikasi di berbagai negara. Bukan hanya itu saja, saat sobat Mojou mengantri untuk pemeriksaan paspor, sobat Mojou tidak perlu mengatri terlalu lama dan panjang. Karena, e-paspor tidak perlu diperiksa oleh petugas dan langsung masuk melalui autogate yang otomatis memindai mengenal identitas sobat Mojou.

Baca juga: Mau Keluar Negeri? Sudah Buat Paspor Belum?

Meskipun sekilas meiliki bentuk yang sama, namun terdapat 3 perbedaan yang dimiliki e-paspor dan paspor non elektronik, berikut perbedaannya.

  1. Adanya chip di bagian depan e-paspor, yang berfungsi untuk memindai dan menyimpan data biometrik identitas pemilik e-paspor.
  2. Perbedaan dalam segi harga pembuatan, untuk mendapatkan e-paspor sobat Mojou memerlukan dana lebih tinggi dari paspor non elektronik. Untuk pembuatan e-paspor, sobat Mojou bisa mengabiskan dana sekitar Rp. 405.000 – 655.000. Untuk rinciaan bisa dilihat dibawah ini.
  3. Khusus untuk pembuatannya, e-paspor hanya bisa dibuat di beberapa kantor imigran tertentu, seperti:
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta
  • Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat
  • Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara
  • Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam
jakartaselatan.imigrasi.go.id/blog.pergi.com

Keuntungan Menggunakan E-Paspor Di Luar Negeri

1. Data Lebih Lengkap Dan Sulit Dipalsukan

E-paspor memiliki data yang lebih lengkap dibandingkan dengan paspor non elektronik. Karena paspor ditanami oleh chip yang menyimpan data biometri pemiliknya. Data biometrik tersebut meliputi sidik jari hingga bentuk wajah, sehingga data dalam e-paspor lebih akurat dan lengkap. Bukan hanya itu saja, e-paspor akan mempersulit untuk dipalsukan atau disalahgunakan oleh orang lain.

Baca juga: Terbaru! Begini Cara Buat Paspor Anak 2019

2. Tidak Perlu Antri Lama

Khusus untuk sobat Mojou warga Jakarta dan Bali yang ingin travelling ke luar negeri, tidak perlu lagi menunggu antrian yang panjang dan lama di pintu pemeriksaan imigrasi. Namun, sobat Mojou harus melalui autogate yang otomatis memindai data biometri e-paspor. Hal ini tentu mempersingkat waktu sobat Mojou yang malas untuk mengantri dan berurusan dengan petugas imigrasi.

3. Bebas Visa Ke Jepang Dan Mudah Mendapatkan Persetujuan Visa Kunjungan

Bagi sobat Mojou yang ingin traveller ke Jepang, dengan memiliki e-paspor kalian bisa mendapatkan visa gratis (visa waiver) selama 15 hari. Cukup dengan mendaftarkan e-paspor di Kantor Perwakilan Negara Jepang sebelum berangkat ke Jepang dan proses pendaftaran hanya butuh waktu 2 hari kerja.

Bukan hanya itu saja, dengan memiliki e-paspor sobat Mojou yang mengajukan visa ke luar negeri lain akan di permudah. Karena data biometrik yang di catat dalam chip e-paspor memiliki data yang akurat dan valid. Membuat pihak kedutaan negara lain mempermudah verifikasi data dan mengeluarkan visa.

Bagaimana sobat Mojou, sudah tahukan perbedaan dan keuntungan jika kalian memiliki e-paspor. Jangan lupa untuk menjaga baik-baik e-paspor yang kamu miliki, karena e-paspor ini berbeda denga paspor non elektronik. Jangan menaruh e-paspor di tempat yang lembab dan panas. Hindari juga menaruh e-paspor di bawah matahari langsung atau area elektromagnetik yang dapat merusak chip. Dan selamat bertravelling ria ke seluruh negara yang sobat Mojou kunjungi. (IF)



Comment here