BeritaPilihan

Kecelakaan Tol Cipularang Kembali Terjadi, Berikut Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

Moslem Journey – Kecelakaan beruntun di ruas jalan Tol Cipularang kilometer 91 arah Bandung ke jakarta kembali terjadi pada Selasa (10/9) siang hari. Hampir sama dengan kecelakaan sebelumnya yang terjadi pada seminggu lalu Senin (2/9) kembali melibatkan truk dan merusak 21 kendaraan. Pada kecelakaan Selasa kemarin, hanya merusak empat kendaraan. Kabid Humas Humas Polda Jawa Barat AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan bahwa kecelakaan ini disebabkan oleh truk kontrainer yang menabrak empat bagian belakang yang berada di depannya.

Truk kontrainer tersebut di kendarai oleh Nursidik (33) dan di temani oleh kernet benama Fendi Karyawan (19), kedua orang ini merupakan warga kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Sejauh ini, Kapolres Purwakarta AKBP Matrius menyebutkan bahwa dalam kecelakaan ini tidak terdapak korban jiwa. Namun, terdapat dua korban yang sudah dilarikan langsung ke RS Thamrin Purwakarta. Meskipun begitu, dalam berkendara bukan hanya mengenai kesiapan kendaraan, melainkan juga keahlian pengemudi kendaraan.

Semakin paham pengemudi dalam berkendara bahwa dia memiliki peran penting pada keselamatan orang di bawanya sampai ke tujuan. Pengendara diharapkan bisa menjaga jarak dengan kendaraan lain. Supaya pada saat terjadi kecelakaan, pengendara dapat menghindari dengan cara membelokkan kendaraan dengan cara yang benar dan memiliki space yang aman dan dapat mengontrol kecepatan kendaraan. Selain itu, pengendara juga diharapkan untuk tidak berkendara secara terburu-buru, lantaran dapat gangguan dari angin dan gerak mobil saat menikung.

Baca juga: Berkenalan Dengan Warna-Warni Dasar Rambu Lalu Lintas

Pengendara kendaraan yang berjalan di jalan tol juga diharapkan dapat memahami Defensive Driving atau mempertahankan kendaraan saat terjadi kecelakaan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para pengemudi saatv berkendara di jalan tol.

 



 

Empat Hal yang Perlu Diperhatikan

Ada empat hal penting yang perlu diperhatikan pengendara terkait Defensive Driving

1. Menjaga jarak

2. Menjaga kecepatan, jadi di lajur kiri 60 km per jam kalau mau nyusul boleh ke kanan abis itu ke kiri lagi

3. Melihat dan dilihat, apabila berkendara malam harus melihat sinar lampu dari sekitar dan melihat kondisi lingkungan sekitar

4. Mata pengemudi bergerak menangkap atau mencari objek yang berpotensi bahaya. (IF)

Baca juga: Kenali Garis Marka Di Tengah Jalan Ini, Supaya Selamat Dari Kecelakaan

Comment here