BeritaNasional

Kebakaran Melanda Gunung Guntur

Moslemjourney.com– Karhutla ( Kebakaran Hutan dan Lahan ) kembali terjadi. Kali ini karhutla terjadi di Gunung Guntur. Gunung yang berlokasi di Kelurahan Pananjung dan Desa Pasawahan, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini terbakar pada Minggu ( 22 / 09 ) lalu. Tidak jelas jam berapa kebakaran terjadi, hanya saja kebakaran itu diduga terjadi di waktu malam hari.

Dugaan sementara, karhutla terjadi akibat cuaca kering. Api diduga muncul pada pepohonan di lereng pegunungan. Api kemudian membakar kawasan di sekitar pegunungan. 

Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin berkata, informasi kebakaran baru diperoleh pada hari Minggu pukul 19.00 . “Kejadian semalam, kami dapat info pukul 19.00 WIB. Tim langsung bergerak untuk melakukan pemadaman.” ungkapnya pada hari Senin ( 23 / 09 ) seperti yang dilansir dari pojoksatu.id . 

 

Baca Juga : Gunung Semeru Kebakaran, Begini Kondisinya Sekarang

Ketika ditanya apakah penyebab, Erwin masih mencoba untuk mendalaminya bersama Damkar ( Pemadam Kebakaran ) dan Dinsos ( Dinas Sosial ). Namun, ia juga menjawab diduga penyebabnya karena cuaca kering.

“Sejauh ini kami duga karena kemarau, apakah ada warga membuang rokok atau apa masih kita dalami.” ucapnya.

Pihaknya juga sudah mengecek apakah di lokasi camping dan tak menemukan kegiatan disana. Tak lupa ia mengimbau masyarakat untuk menjaga lingkungan di sekitar Gunung Guntur. Ia juga akan memberikan sosialisasi bersama Pemda ( Pemerintah Daerah ) untuk warga supaya tidak membakar hutan saat kemarau.  

Untunglah, kebakaran berhasil dipadamkan. Jika melihat dari instagram @bpbd.garut, api berhasil dipadamkan pada area puncak. Namun beberapa daera di area bawah masih terdapat titik api yang menyala karena kondisi angin yang sedang berhembus kencang. Untuk masalah dengan masyarakat, api takkan membahayakan karena terletak jauh yakni sekitar 2 km dari pemukiman warga.

 

Baca Juga : Fenomena Langit Merah Di Jambi Dan Penjelasan BMKG

Kebakaran di Gunung Guntur bukan hanya sekali ini terjadi. Sebelumnya kebakaran di tempat yang sama pernah terjadi sebelumnya. Yang pertama pada tanggal 11 Agustus akibat ulah manusia yang ingin membuka lahan dengan membakar alang-alang yang tumbuh kering di kawasan Gunung Guntur dan kedua masih di bulan Agustus yakni pada tanggal 21 yang membakar lahan sebanyak 20 hektare. (ans)



Comment here