BeritaNasional

Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Ke Indonesia Menurun

Moslemjourney.com – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia terhitung pada Januari 2020 mengalami penurunan dibanding Desember 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa Yunita Rusanti di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) pada Senin (2/3).

Menurutnya, jumlah kedatangan wisman pada Januari 2020 sebanyak sebanyak 1,27 juta orang. Itu berarti dibandingkan dengan Desember 2019 jumlah pengunjung menurun sebanyak 7,62 persen.

“Pada Januari 2020, jumlah kunjungan wisman detailnya sebanyak 1,27 juta orang,” jelas Yunita pada Senin (2/3).

Lebih lanjut, Yunita menjelaskan bahwa para wisman yang datang ke Indonesia didominasi oleh warga Malaysia dan China. Dengan rincian wisatawan asal Malaysia sebanyak 206 ribu orang dan wisman asal China sebanyak 181,3 ribu orang.

Selebihnya, para wisman yang berkunjung ke Indonesia berasal dari negara tetangga seperti Singapura, Australia, Timor Leste dan masih banyak lainnya.

Terkait virus corona yang dinilai menjadi faktor menurunnya jumlah kunjungan wisman ke Indonesia, Yunita mengatakan dampak virus tersebut terhadap sektor pariwisata Indonesia baru terlihat pada Januari akhir.

Hal tersebut bisa terasa karena pada Januari terdapat momentum perayaan Imlek yang biasa dimanfaatkan oleh wisman asal China untuk berlibur. Namun libur Imlek kemarin malah terjadi penurunan kedatangan wisman akibat corona.

“Dampak corona itu kelihatan signifikan di minggu terakhir,” paparnya.

Comment here