BeritaNasional

Jokowi Optimis Pariwisata Indonesia Kembali Berkembang Di Tahun 2021

Gunung Tertinggi Di Pulau

Moslem Journey – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis soal industri pariwisata  Indonesia dapat kembali berkembang di tahun 2021. Optimisme ini diungkapkan Jokowi saat memimpin rapat terbatas “Mitigasi Dampak Covid-19 terhadap Pariwisata” melalui video conference, Kamis (16/4).

Jokowi menyakini bahwa di tahun 2021 nanti, penyebaran virus corona akan berakhir. Sehingga industri  pariwisata di Indonesia akan langsung tumbuh meningkat dengan pesat, mengingat masyarakat hanya berdiam diri di rumah selama penyebaran virus corona.

“Semua orang akan keluar rumah dan ingin menikmati kembali keindahan pariwisata, sehingga optimisme tersebut yang harus terus dibicarakan,” kata Jokowi yang dilansir Kompas, Jumat (17/4).

Dengan demikian, Jokowi meminta kepada jajarannya untuk tidak terjebak dalm pemikiran pesimisme karena masalah penyebaran virus corona. Selain itu, Jokowi juga meminta kepada jajarannya untuk menyiapkan stimulus ekonomi untuk mengatasi industri pariwisata yang sedang lesu.

Jokowi berharap, dengan adanya stimulus tersebut dapat memberikan perlindungan sosial kepada pekerja atau masyarakat yang bergantung pada sektor pariwisata. Saat virus corona, banyak pekerja/masyarakat yang kehilangan mata pencarian ekonomi mereka.

Dengan optimisme yang diberikan Jokowi untuk mengembangkan kembali industri pariwisata, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengaku sedang menyiapkan sejumlah strategi untuk melakukan hal tersebut. Diantarnya ialah menarik wisatawan asing untuk berwisata ke Indonesia.

“Kita meyakini setelah kondisi Work From Home (WFH) ini, pada 2021 pariwisata justru bisa kembali lahir secara signifikan, tentu saja kita harus kompetisi dengan negara yang lain untuk melakukan berbagai strategi ke depan,” kata Wishnutama selepas rapat terbatas.

Dengan demikian, saat ini pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan berbagai destinasi wisata yang menjadi prioritas untuk mempersiapkan langka-langkah menerima kebangkitan kembali sektor pariwisata di Indonesia.

Wishnutama akan memfokuskan kepada hal-hal yang sangat mendasar di destinasi pariwisata, diantaranya ialah kebersihan fasilitas yang diberikan dan keamanan untuk para pengunjung yang datang ke pariwisata Indonesia.

“Beberapa di antaranya adalah higienitas, toilet kebersihan keselamatan dan keamanan, hal-hal tersebut yang perlu kita utamakan,” kata dia.

Comment here