JournalTransportasi

Jenis-Jenis Sepeda Yang Cocok Digunakan Untuk Traveling

Jenis Sepeda

Moslem Journey – Tidak semua jenis sepeda dapat dikendarai untuk jalan-jalan ke berbagai medan jalanan, jangan sampai salah pilih membawa sepeda untuk traveling sebab dapat merusak sepeda dan membahayakan pesepeda. Berikut ini adalah sepeda yang cocok digunakan untuk traveling berdasarkan medan jalan yang ingin dilalui.

1. Sepeda Kota (City Bike)

Jenis Sepeda
Ilustrasi Sepeda Kota – Moslem Journey

Bagi pesepeda yang ingin jalan-jalan jarak dekat hingga menengah di jalan raya atau hanya mengelilingi jalan komplek perumahan, city bike atau sepeda kota cocok digunakan saat medan jalanan seperti tersebut. Sebab, medan jalanan tersebut terbilang masih ringan atau tidak tidak memiliki kecuraman seperti di daerah pengunungan.

Sepeda ini memeang di desain untuk digunakan di jalan perkotaan yang memiliki medan jalan yang mulus, beraspal, serta tidak ada bolong-bolongnya seperti jalan rusak. Untuk jenis sepeda kota, biasanya tidak menggunkan suspensi dan mudah ditemukan toko sepeda, seperti sepeda lipat, sepeda fixi, road bike.

2. Sepeda Gunung (Mountain Terrain Bike)

Jenis Sepeda
Ilustrasi Sepeda Gunung – Moslem Journey

Sepeda yang dikenal juga dengan nama Mountain Terrain Bike (MTB), merupakan sepeda yang dikhususkan untuk menulusuri jalanan pengunungan yang memiliki medan yang curam dan tidak rata. Dengan menggunakan sepeda ini, pesepeda dapat melalui jalanan gunung yang berbatuan, tanah basah, dan medan berat lainnya.

Jalan tersebut dapat dilalui karena sepeda gunung memiliki bentuk ban yang dapat mencengkram tanah ataupun bebatu yang cocok digunakan untuk melewati medan yang sulit. Selain itu, bentuk ban tersebut juga memiliki tapak yang lebar sehingga dapat bertahan maksimal di jalan yang berat.

Selain bentuk ban memiliki kelebihan, sepeda gunung memiliki rangka yang relatif besar dan kuat untuk menanggung beban pesepeda dan jalan yang dilalui. Sepeda ini juga memiliki jenis lainnya yang dibedakan berdasarkan suspensi dan medan yang dilalui.

3. Cross Country Mountain Bike (XC Bike)

Jenis Sepeda
Ilustrasi Cross Country Mountain Bike – Moslem Journey

Hampir sama dengan sepeda gunung, Cross Country Mountain Bike atau biasa disebut xc bike merupakan jenis sepeda yang dirancang dengan bobot ringan serta dapat dikendarai dengan kecepatan yang dilalui di lintas alam bermedan ringan hingga sedang, seperti jalanan perkotaan atau di pendesaan.

Salah satu ciri yang dimiliki sepeda ini ialah hanya memiliki satu suspensi depan untuk meredam beturan-beturan ringan. Sepeda ini juga memiliki dua type lainnya, yakni XC Race Bikes dan XC Trail Bikes. Kedua type tersebut memiliki perbedaan untuk medan jalan yang ingin dilalui.

  • XC Race Bikes merupakan sepeda yang didesain sangat simple dan seringan mungkin dibangdingkan XC Trail Bikes. Sepeda ini tidak dirancang untuk lopatan dan pendaratan, melainkan dirancang untuk menghadapi tanjakan dan tikungan yang tajam.
  • Sedangkan XC Trail Bikes merupakan sepeda yag didesain dengan bobot sedikit lebih berat dari type sebelumnya. Sepda ini dirancang untuk digunakan di hampir semua medan, mulai dari medan berlumpur hingga medan jalan dengan tanah yang keras.

4. Sepeda Downhill

Jenis Sepeda
Ilustrasi Sepeda Downhill – Moslem Journey

Sama seperti namanya sepeda downhill merupakan sepeda yang dirancang khusus untuk medan yang sangat berat, yakni menuruni bukit. Dengan sepeda ini, sepeda akan memberikan kenyamanan dan keamanan pesepeda untuk menuruni bukit dalam kecepatan yang tinggi.

Sepeda ini memiliki roda gigi yang disetel lebih besar dan tinggi sehingga pesepeda dapat menganyuh lebih cepat di atas medan yang mengerikan. Selain itu, ban dan pelek sepeda ini dirancang lebih besar, roda gigi dan rangka sepeda juga di rancang kuat terhadap guncangan yang kasar dan berat dari medan perjalanan menuruni bukit..

Suspensi yang dimiliki sepeda downhill dapat di atur secara penuh oleh peseda, walaupun guncangan koil sangat berat, tetapi lebih banyak dapat menyerap daya. Karena sepeda downhill dirancang khusus untuk menuruni bukit, sepeda ini sangat tidak nyaman apabila digunakan di medan tanjakan (menanjak).

Comment here