ArtikelDestinasiJournal

Jembatan Paling Ekstrim Di Dunia, Jembatan Hatonduhan

https://www.instazu.com/tag/jembatanairterjunkatasa

moslemjourney.com— Jembatan adalah salah satu infrastruktur yang dibuat dan digunakan oleh manusia untuk menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lainnya. Biasanya, jembatan dapat dilalui tak hanya manusia, namun juga kendaraan. Nah, jembatan yang satu ini memang menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lain. 

Tapi gimana jika sebuah jembatan hanya memiliki lebar 1 meter? Masa ada sih?

Jembatan ini ternyata benar-benar ada lho, Sobat Mojou. Namanya adalah Jembatan Hatonduhan, tepatnya berada di Nagori Bayu Bagasan, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. 

https://www.instazu.com/tag/jembatanairterjunkatasa
https://www.instazu.com/tag/jembatanairterjunkatasa

Jembatan ini adalah satu-satunya akses masyarakat dari Nagori Bayu Bagasan ke Nagori Turunan. Jika tak ingin menyeberang di jembatan itu juga bisa, Sobat Mojou. Tapi kamu harus berjalan memutar ke Kecamatan Tanah Jawa dan membutuhkan waktu sekurang-kurangnya 1 jam. 

Jembatan Hatonduhan sebenarnya adalah jalur rel kereta api yang digunakan untuk mengambil hasil pertanian saat jaman kolonial Belanda. Setelah lama tak terpakai, bagian relnya kemudian dicor beton oleh masyarakat untuk dijadikan penghubung antar desa. Bayangkan saja Sobat Mojou, jembatan sepanjang 100 meter ini hanya memiliki lebar 1 meter. Tanpa adanya pengaman apapun! 

 Jika tak berhati-hati, kamu bisa langsung jatuh ke jurang yang mengarah langsung ke arah Air Terjun Katasa. Kemungkinan kecil untuk selamat. Untungnya, masyarakat di sini sepertinya sudah terbiasa dengan hal itu. 

Tak jarang, kamu akan menemukan masyarakat membawa hasil pertanian seperti sawit menggunakan sepeda motor. Jika naik sepeda motor, mereka akan membunyikan klakson terlebih dahulu untuk memastikan tak ada yang melintas di atas jembatan. 

https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-3334073/air-terjun-kembar-katasa-yang-menawan-di-sumatra-utara
https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-3334073/air-terjun-kembar-katasa-yang-menawan-di-sumatra-utara

Di bawah jembatan itu, terdapat air terjun yang sangat cantik. Namanya adalah Air Terjun Katasa atau Air Terjun Kembar. Sedangkan pada sisi jembatan terdapat pemandangan Sungai Turunan dengan hutan hijau yang mengelilinginya.

Gimana, Sobat Mojou? Tertarik untuk mencoba jembatan ini? Kalau sudah mencoba jembatan ini, share dong respon kalian di kolom komentar ya! Selamat liburan! (ans)

Comment here