BeritaNasional

Jemaah Haji Mulai Pulang ke Indonesia, 13 Kloter Jamaah Haji Kembali dengan Selamat dan Lancar

Moslemjourney.com – Rangkaian kegiatan haji Dzulhijah 1440 (2019) telah selesai dilaksanakan Jamaah Haji dari berbagai dunia. Untuk Jemaah haji Indonesia sudah mulai kembali ke tanah air sejak Sabtu (17/8) malam. Kepala Daker Makkah Subhan Cholid menuturkan bahwa pada hari pertama pemulangan Jemaah haji Indonesia berjalan lancar.

Dikutip dari JawaPos.com, Subhan menuturkan bahwa di kloter pertama pemulangan jamaah haji Indonesia, ada 18 kloter yang berangkat menuju Jeddah. Namun, hanya 13 kloter jemaah haji Indonesia yang akan kembali ke Indonesia. 5 kloter sisanya dipulangkan ke Indonesia pada Minggu (18/9) kemarin.

Dalam kloter pemulangan ini, secara simbolis, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melepas kloter asal Bogor di Tharawat al Misfalah Hotel – Makkah. Dia menyampaikan pesan dan permintaan maaf kepada Jemaah haji Indonesia soal pelayanan yang diberikan.

Sebagai amirul hajj, Lukman menuturkan permintaan maaf kepada jemaah haji Indonesia, jika pelayanan yang diberikan petugas belum sempurna. “Selaku amirul hajj, atas nama seluruh petugas haji Indonesia, menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika pelayanan yang diberikan masih jauh dari sempurna,” kata Lukman.

Baca Juga: Sertifikasi Halal Beralih Tangan Badan, LPPOM MUI Meradang Mempertanyakan UU JPH

Menurut Lukman, petugas haji tahun 2019 telah memberikan pelayanan yang maksimal kepada 214 ribu jamaah haji regular Indonesia. “Kalau merasa tidak puas, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya,” tambah Lukman. Pelayanan yang diterima Jemaah haji di tempat berupa kondisi sosial, budaya, tradisi, adat istiadat, serta iklim yang berbeda di Indonesia.

Dia mengingatkan kepada jamaah haji untuk bersyukur dan menjaga kemabruran dengan mensyukuri kesempatan berhaji dan menjaga kualitas ibadah individu maupun sosial. “Pulang haji harus bisa menebarkan manfaat kepada sesama,” kata Lukman.

Selain itu, dalam exit meeting yang dipimpin langsung Menteri Agama di kantor urusan haji (KUH) di Jeddah Sabtu (17/9) kemarin. Lukman Hakim Saifuddin membahas tentang pertemuannya dengan Gubernur Makkah yang juga Wakil Ketua Komite Tertinggi Penyelenggaraan Haji Khalid Al Feisal bin Abdul Aziz di Mina pada 12 Agustus lalu.

Dalam pertemuan itu, Lukman meminta kepada Gubernur Mekkah tersebut untuk meningkatkan bangunan dan daya tampung tenda-tenda serta toilet jemaah haji Indonesia. Lukman juga meminta agar layanan fast track bisa diterapkan di seluruh embarkasi. (IF)

Baca juga: Kondisi Mina Setelah Diguyur Hujan Deras

Comment here