ArtikelBeritaNasional

Jawa Barat Punya Ibukota Baru?

Moslemjourney.com- Setelah berita pemindahan ibu kota Jakarta ke Kalimantan yang sangat menghebohkan masyarakat Indonesia, kali ini Jawa Barat juga menginginkan hal yang sama. Hal ini disampaikan sendiri oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menghadiri acara peluncuran Program Pembinaan SMK yang terhubung industri di Gedung Sate Kamis (29/08/19) bulan lalu. 

Menurutnya, permasalahan kota Bandung mirip dengan Jakarta yaitu tidak cocok lagi untuk menopang pusat pemerintahan di Jawa Barat.

Ridwan Kamil sendiri akan mengkaji lebih lanjut terkait rencana pemindahan ibu kota Jawa Barat ini. Kajian ini akan berjalan selama 6 bulan. Untuk calon daerah – daerah akan dikaji adalah Tegalluar di Kabupaten Bandung, Walini di Bandung Barat dan Rebana di Kabupaten Majalengka. Proses kajian juga akan meliputi pembahasan mengenai bagaimana akses menuju daerah tersebut, ketersedian air, dan tingkat ekonomi.

Baca Juga : Nasib Provinsi Jawa Barat Jika Bogor Melepaskan Diri

Gubernur Jawa Barat itu sendiri juga menyatakan jika rencana pemindahannya itu sudah berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Perubahan Atas Perda Jawa Barat Nomor 22 tahun 2010 tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Jawa Barat tahun 2009-2029. Walaupun demikian,Perda tersebut masih menunggu evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri.

Rencana pemindahan ibu kota Jawa Barat itu ternyata bukan hanya pertama kalinya diajukan. Jauh sebelum masa pemerintahan Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul, kajian sudah diadakan oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Jabar. “Sudah ada. Diwujudkan dengan kajian Pusat Pemerintahan Walini oleh Disperkim. Dengan adanya dinamika perkembangan infrastruktur, dikaji opsi selain Walini,” kata Taufik Budi Santoso selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jabar seperti yang dilansir di Liputan 6.

Rencana pemindahan tersebut tak ayal membuat sejumlah pejabat Jabar memberikan respon yang beragam. Ono Surono salah satunya. Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini  mengatakan supaya wacana pemindahan ibu kota provinsi ini tidak ikut – ikutan. Selain memperhatikan bermacam – macam aspek, Jawa Barat sebenarnya masih berfokus pada pemerataan pembangunan. Terdapat banyak sekali proyek seperti pembangunan kereta cepat di Walini, Bandara Kertajati di Majalengka serta Pelabuhan Patimban di Subang. (ans)

Baca Juga : Alasan dan Keunggulan Kalimantan Timur, Ibu Kota Negara Baru Indonesia

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Comment here