ArtikelPilihan

Jangan Lupakan Ini Sebelum Naik Kereta!

Moslemjourney.com Biasanya, ketika tempat tujuanmu cenderung dekat namun padat oleh kendaraan bermotor, biasanya kendaraan roda besi ini kerap kali dijadikan alternatif untuk melawan kemacetan. Nah, supaya keadaan di dalam kereta tidak makin kacau dan tentunya tidak menganggu penumpang yang lain, yuk baca ulasannya mengenai hal – hal yang harus kamu perhatikan ketika naik kereta!

  1. Beli Tiket
http://www.riskiringan.com/2017/06/jenis-tiket-commuter-line.html

Ketika naik Kereta Rel Listik (KRL) kita bisa menggunakan e-money dari bank – bank tertentu dan kartu – kartu seperti Single Trip dan Multi Trip. Untuk pengisian saldo pun mudah untuk dilakukan karena loketnya tersedia di sekitar stasiun. Berbeda dengan kereta jarak jauh seperti Argo Parahyangan, tiket kereta harus dipesan dari jauh – jauh hari. Sobat Mojou bisa membeli tiket itu di aplikasi resmi PT. KAI atau di tempat pembelian seperti Traveloka dan lain – lain.

  1. Dahulukan Penumpang Yang Ingin Turun

Peraturan ini sebenarnya berlaku di semua transportasi umum, termasuk di KRL sendiri. Hanya saja beberapa orang melupakan hal ini. Ketika kereta destinasi tujuan kalian sudah sampai, berdiri di samping pintu untuk memberi jalan pada penumpang yang ingin turun. Setelah itu barulah kita bisa menaiki kereta. Pastikan untuk tidak salah naik kereta ya, Sobat Mojou!

Baca Juga : Naik MRT di Singapura, Gampang Kok!

  1. Kursi Prioritas

Mungkin gerbong yang kamu masuki saat itu sedang penuh, dan satu – satunya deretan kursi yang kosong adalah kursi prioritas. Kursi prioritas sendiri biasanya ada di ujung depan dan ujung belakang gerbong. Jika begitu keadaannya dan kamu masih sanggup untuk berdiri, lebih baik tetap berdiri saja ya, Sobat Mojou! Kecuali jika kamu masuk dalam golongan lanjut usia, wanita hamil, disabilitas serta ibu membawa anak (sebenarnya ini bisa laki – laki juga kok) , maka kamu diiizinkan untuk duduk di kursi ini. 

  1. Jangan berisik

Ingat Sobat Mojou, saat ini kamu sedang naik transportasi umum bukan kendaraan pribadi. Artinya semua orang membayar transportasi yang sama dengan kepentingannya masing-masing. Tidak semua orang menyukai kebisingan. Maka dari itulah, ketika sedang mengobrol baik dengan teman di samping atau dari telepon, berbicaralah dengan nada pelan namun jelas. Juga ketika sedang mendengarkan lagu di headset, minimalkan volume suaranya. Jangan sampai penumpang lain mendengar suaranya dan merasa terusik. Budayakan untuk saling berempati ya, selamat liburan! (ans)

 

Baca Juga : Fakta – Fakta Unik di Benua Terbesar di Dunia (1)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Comment here