ArtikelJournal

Jangan Lupa Visa Sebelum Traveling

moslemjourney.com – Hai sobat Mojou yang hobby banget traveling keluar negeri, apa sih yang biasanya kalian siapkan untuk pergi keluar negeri ? uang ? sudah pasti dong. Visa ? Paspor ? itu sih wajib banget. Jangan sampe kalian udah jauh-jauh berangkat tapi tertahan karena tidak punya visa dan paspor. Tapi ngomong-ngomong soal visa, kalian tahu engga sih apa itu visa ? apa saja jenisnya ? atau jangan-jangan kalian cuma tahu bentuknya aja ? hmmm.

Buat kalian yang ingin pergi keluar negeri wajib banget punya visa ya, tapi sebelum bikin visa kalian harus tahu juga apa itu visa dan jenis-jenisnya.

Visa merupakan sebuah dokumen yang berisikan perizinan terhadap seseorang yang ingin melakukan perjalanan antar negara. Kenapa harus dengan visa ? karena tanpa adanya visa kalian tidak bisa masuk dan menetap di sebuah negara. Tentunya karena visa sendiri adalah tanda bukti yang syah boleh berkunjung yang diberikan kepada penduduk suatu negara tertentu jika ingin memasuki wilayah negara. Sobat Mojou bisa memperoleh visa di kedutaan dimana negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau Kedutaan Besar.

Setelah kalian tahu pengertiannya kalian juga harus tahu jenis-jenisnya ya biar kalian engga salah bikin visa. Dan berikut jenis-jenis visa dan kegunaanya :

  1. Visa kunjungan sementara untuk kunjungan keluarga (Relative Permits)

Visa ini digunakan untuk kalian yang memiliki keluarga yang berada di luar negeri. Buat kalian yang ingin menengok mereka, biasanya diharuskan untuk mengurus visa ini terlebih dahulu. Untuk waktu yang bisa diajukan biasany sekitar 90 hari / 3 bulan. Adapun syarat pembuatanya dibandingkan dengan visa lain adalah adanya undangan dari keluarga kalian di negara tujuan, dan membuat pernyataan bahwa keluarga kalian lah yang akan bertanggung jawab selama kalian tinggal di negara tersebut.

Baca Juga : Hanya Orang-Orang Ini yang Boleh Masuk Indonesia

  1. Visa kunjungan sementara untuk tujuan wisata (Tourist Visa)

Visa jenis ini bia dikatakan salah satu visa yang paling terkenal dan paling banyak diajukan pembuatannya. Karena buat kalian yang sering melakukan perjalanan keluar negeri maka jenis visa inilah yang kalian butuhkan. Dengan visa kunjungan wisata ini maka kalian akan diijinka masuk ke dalam negara tujuan, asalkan kalian memenuhi syarat pengajuan pembuatan visa.

  1. Visa kunjungan sementara untuk tujuan bisnis (Business Visa)

Untuk kalian sobat Mojou yang memiliki usaha bisnis, terkadang kalian diharuskan melakukan perjalanan ke negara lain untuk keperluan bisnis. Dan visa jenis inilah yang kalian perlukan agar perjalanan bisnis kalian dipermudah. Seperti adanya keperluan seminar bisnis, mengunjungi pameran atau perjanjian kerjasama dengan suatu perusahaan.

  1. Visa Kerja (Work Visa)

Pemegang visa kerja diperbolehkan bekerja menjadi karyawan pada suatu perusahaan di negara tujuan. Visa jenis ini memiliki banyak macam seperti visa kerja sementara, visa semi-permanen atau visa permanen. Tergantung lamanya pekerjaan kalian, visa ini lah yang akan dirubah menjadi ijin tinggal, mengingat jangka waktu pekerjaan yang kadang sampai bertahun-tahun. Dengan adanya visa ini bisa menjadi gerbang menuju ijin tinggal tetap atau Permanen Resident. Untuk para TKI yang bekerja di luar negeri biasanya harus pulang terlebih dahulu setelah habis kontrak lalu bisa mengajukan visa kerja berikutnya.

  1. Visa Transit

Visa jenis ini digunakan untuk kalian yang ingin melakukan transit di sebuah negara sebelum mencapai negara tujuan. Kalian juga harus memperhatikan apakah visa transit ini hanya berlaku pada area bandara saja (airport transit visa) atau untuk seluruh negara dimana kalian transit (Transit visa). Jika hanya area bandara saja maka kalian tidak boleh meninggalkan bandara walaupun hanya sebentar dan tidak diperbolehkan juga menginal diluar bandara saat harus tunggu penerbangan selanjutnya. Karena masa berlaku visa transit biasanya Cuma beberapa jam, sebelum naik pesawat selanjutnya.

Namun sebaliknya jika Transit Visa maka kalian diperbolehkan untuk keluar bandara dan melakukan perjalanan di negara tersebut layaknya touris dan biasanya masa berlaku visa maksimal selama 5 hari.

  1. Visa Belajar (Study Permits)

Kegunaan visa jenis ini sudah sangat jelas yaitu untuk ijin belajar di sekolah / universitas atau perguruan tinggi lainnya di negara tujuan. Visa ini cenderung mudah untuk didapatkan. Pastinya jika kalian sudah penuhi syarat untuk belajar atau sebagai mahasiswa pada instansi yang dituju. Adapun masa berlaku visa ini yaitu selama masa study kalian masih bejalan, teramsuk j7uga berlaku pada periode saat libur sekolah.

  1. Visa Pertukaran Pelajar (Exchange Permits)

Untuk kalian yang ikut program pertukaran pelajar antar sekolah atau kampus, visa ini akan kalian butuhkan. Visa ini cenderung berlaku untuk beberapa bulan selama program masih berlangsung.Pembuatan visa ini cenderung sangat mudah, karena biasanya sudah dibantu oleh instansi terkait program pertukaran tersebut.

  1. Visa On Rival

Beda lagi dengan visa ini, visa on rival bisa dibuat saat itu juga alias ketika kalian masuk ke dalam wilayah suatu negara. Baik itu melalui bandara, pelabuhan laut ataupun jalan kaki memasuki perbatasan negara. Visa jenis ini bisa diperoleh apabila kedua negara punya hubungan baik, atau adanya kerjasama sehingga proses pembuatan visa dipermudahkan.

Baca Juga : Mau Keluar Negeri Sudah Buat Paspor Belum

  1. Visa Diplomatik

Sesuai dengan namanya visa jenis ini ditujukan untuk para diplomat. Untuk orang yang bekerja dalam jangka waktu di suatu instansi perwakilan negara atau hanya visa kunjungan diplomatik sementara. Contohnya saat kunjungan dinas atau kunjungan kerja. Dan proses pembuatannya pun terbilang cukup gampang karena adanya jalur khusus antar negara.

  1. Exit Visa

Pemilik visa ini harus pergi meninggalkan negaranya sendiri, atau bisa juga negara orang lain. Biasanya tujuannya sudah tertukis, dan dia hanya boleh pergi ke negara tujuan yang disebutkan dalam visa itu. Visa jenis ini dibuat untuk seorang warga negara asing yang harus keluar dari suatu negara karena misalnya habis ditahan/dipenjara. Atau warga negara yang ingin meninggalkan negaranya sendiri menuju negara baru. Keluarnya visa exit ini bersamaan dengan larangan masuk kembali ke negara dimana visa itu dikeluarkan. Buat sobat Mojou jangan sampai ya kalian dapat visa ini.

  1. Visa Khusus Pegawai Internasional (Corporate Permits)

Visa jenis ini bisa didapatkan jika kalian bekerja untuk badan internasional, atau bisa kalian dapatkan dengan cara menjadi orang memang layak untuk mewakili satu perusahaan internasional sebagai wakil di negara tersebut.

  1. Visa Khusus Bisnis (Business Permits)

 



 

Eits, beda dengan visa kunjungan bisnis ya, jangan sampai tertukar ! Visa jenis ini untuk kalian yang akan tinggal lama di negara tujuan karena sifatnya bukan kunjungan sementara. Misalnya, kalian ingin membangun perusahaan besar di negara tujuan, pastinga perlu persiapan yang matang dan lama kan. Oleh karena itu pemerintah setempat akan membuatkan visa khusus bisnis agar kalian leluas dengan bebas melakukan persiapan dan pengembangan bisnis. Biasanya dari visa ini akan berlanjut menjadi ijin tinggal sementara yang mana bisa dilankutkan juga menjadi ijin permanen.

Wah ternyata banyak juga yang jenis-jenis visa. Dan kalian jangan sampai salah yang membedakan jenis-jenis visa ini. Tentunya dengan adanya visa ini kalian akan dipermudah untuk masuk ke negara lain ya. Jangan lupa untuk komen dibawah tentang pengalaman kalian saat membuat visa atau juga kalian bisa share ke sobat Mojou yang lainnya. (ms)

Comment here