Kesehatan

Jangan Lupa Bawa Obat-Obat Ini Saat Dalam Perjalanan

Moslemjourney.com – Selain membawa pakaian dan makanan, saat liburan jangan lupa untuk selalu membawa P3K. P3K biasanya terdiri dari obat merah, plester luka, kapas, minyak kayu putih, salep, losion anti nyamuk, antiseptik, dan lain-lain.

Di samping itu, Sobat Mojou juga perlu membawa obat-obatan wajib lainnya sebagai langkah antisipasi apabila sakit tiba-tiba menyerang kita saat sedang liburan. Kira-kira apa saja ya obat-obatan yang wajib dibawa? Ini dia.

1. Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri dapat mengatasi nyeri akibat penyakit tertentu. Obat jenis ini yang paling umum dikonsumsi adalah paracetamol. Paracetamol umumnya digunakan untuk meredakan demam, sakit kepala dan juga nyeri.

Keberadaan paracetamol juga banyak dijumpai baik di warung atau apotek. Jadi, Sobat Mojou tidak perlu kesulitan untuk mencarinya. Selain paracetamol, ada pula ibuprofen yang berfungsi untuk mengatasi nyeri akibat peradangan.

2. Obat Diare

Diare memang menjadi penyakit yang paling sering menimpa orang yamg sedang dalam  perjalanan. Oleh karena itu, obat ini wajib Sobat Mojou bawa saat sedang traveling. Jangan anggap remeh diare, sebab diare dapat menyebabkan dehidrasi bahkan menimpa siapapun tanpa terkecuali.

Namun, ada beberapa pilihan alternatif apabila Sobat Mojou lupa membawa obat diare yaitu dengan mengkonsumsi buah pisang. Kandungan pektin yang merupakan serat bisa membantu memadatkan feses sehingga diare bisa teratasi.

3. Obat Mabuk

Mabuk yang dimaksud di sini bukan mabuk karena alkohol ya Sobat Mojou. Mabuk di sini berarti suatu kondisi di mana seseorang mengalami pusing, mual, keringat dingin dan muntah ketika dalam perjalanan.

Tiap orang akan mengalami mabuk yang berbeda-beda tergantung jenis transportasi yang digunakan. Ada yang mabuk darat, mabuk laut bahkan mabuk udara. Namun apabila sudah mabuk, Sobat Mojou bisa menghilangkannya dengan minum obat mabuk lalu perbanyak minum air dan buka jendela mobil agar mendapatkan angin segar.

4. Obat Alergi

Sobat Mojou yang memiliki alergi jangan lupa untuk selalu membawa obat ini. Jangan sampai ketika alergi kumat, Sobat Mojou harus menahan sakit akibat alergi. Biasanya alergi bisa berupa timbulnya bercak kemerahan dan gatal-gatal.

Beberapa jenis obat alergi yang mungkin bisa menjadi pilihan Sobat Mojou adalah yang berbetuk oles atau salep. Tapi, saat menggunakan obat alergi jenis ini jangan lupa untuk menghindari area mata, mulut, hidung dan kemaluan.

5. Obat Masuk Angin

Obat ini juga wajib masuk daftar dalam list obat yang dibawa saat dalam perjalanan. Sebab, masuk angin bisa saja menimpa kapan pun dan di mana pun. Umumnya, gejala yang dirasakan orang yang masuk angin yaitu demam, sakit kepala, kembung dan sering buang angin.

Apabila Sobat Mojou lupa membawanya, cara yang ampuh untuk mengatasi masuk angin yaitu dengan banyak minum air hangat dan istirahat yang cukup. Tapi Sobat Mojou juga bisa mencegahnya dengan cara konsumsi vitamin C agar daya tahan tubuh kuat.

Itulah obat-obatan yang wajib dibawa saat dalam perjalanan. Kalau obat-obatan wajib versi Sobat Mojou apa nih? Yuk komentar pada kolom komentar dan jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat.

RDA

*artikel ini dilansir dari berbagai sumber

Comment here