ArtikelPilihanTips

Isi Ulang Air Sambil Travelling? Bisa Dong!

https://www.bukalapak.com/products/s/tempat-rak-galon-air

 

Moslemjourney.com Jika sedang jalan-jalan keluar rumah, coba perhatikan ke pinggir jalan. Dapat dipastikan kita akan melihat setidaknya satu sampah plastik yang tercecer. Apakah separah itukah masalah sampah plastik di Indonesia? Ternyata, berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang menyebut plastik hasil dari 100 toko atau anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dalam waktu satu tahun saja, sudah mencapai 10,95 juta lembar sampah kantong plastik. 

Padahal, KLHK menargetkan pengurangan sampah plastik lebih dari 1,9 juta ton hingga 2019. Hal serupa juga disampaikan oleh Menteri Kelautan Perikanan Susi Pudjiastuti. Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik kedua terbesar setelah China. “Sampah plastik yang masuk ke laut dapat terbelah menjadi partikel-partikel kecil yang disebut microplastics dengan ukuran 0,3 – 5 milimeter. Microplastics ini sangat mudah dikonsumsi oleh hewan-hewan laut,” katanya.

Baca Juga : Larangan Membawa Air Zam-Zam di dalam Koper

Ada langkah awal yang bisa kita lakukan, misalnya membawa tumbler sebagai pengganti botol minum plastik. Tapi bagaimana jika sedang travelling kemudian air minum kita habis sehingga harus diisi? Tidak perlu khawatir karena air minum tetap dapat diisi tanpa menganggu perjalanan kita. Saat ini telah hadir terobosan baru hanya dengan sebuah aplikasi saja. Kita tinggal mencari dan mengunduh aplikasi bernama Refill My Bottle. Aplikasinya sendiri tersedia baik di Playstore maupun Apple Store.

Aplikasi yang dibuat oleh Alex Tsuk ini fungsinya mirip seperti maps di smartphone kita. Setelah dibuka, akan terbuka seperti maps dan terdapat tanda biru dengan simbol air di sana. Jika posisi kita dekat dengan tanda biru itu, kita bisa langsung menekan tanda biru itu. Nantinya akan muncul detail tempat yang menyediakan air isi ulang lengkap dengan harga isi ulangnya. Beberapa tempat memang ada yang mematok harga untuk isi ulang air, ada juga yang tidak. Semuanya kembali pada peraturan di tempat isi ulang air tersebut. Harga yang dipatok juga murah mulai dari Rp.1000 sampai dengan Rp.5000 saja.

Baca Juga : Pemerintah Imbau Untuk Hemat Air

Untuk daerah diluar Jakarta, Refill My Bottle dapat ditemui dari Sabang sampai Merauke. Sementara jika memilih untuk travelling keluar negeri, kamu bisa menemuinya di Singapura, Malaysia, Filipina, Kamboja, Brunei, Korea Selatan dan masih banyak lagi. (ans)

Comment here