BeritaInternasional

Ini Yang Akan Terjadi Pada Fasilitas Umum Ketika Lockdown Diterapkan

Ilustrasi Ketika Lockdown Diterapkan - Moslem Journey

Moslem Journey – Sejak akhir bulan Januari hingga Maret, sudah ada 10 negara lebih yang sudah melakukan lockdown untuk meminimalisir virus corona menyebar di negara tersebut. Seperti yang dilakukan China di kota Wuhan dan seluruh kota provinsi Hubei ditutup oleh pemerintah setelah virus corona mewabah di negara tersebut.

Beberapa bulan kemudian, Italia menerapkan langkah lockdown setelah memiliki kasus virus corona paling banyak di negara Eropa. Bukan hanya itu saja, kota Manila, Filipina juga menerapkan lockdown setelah warganya dinyatakan 52 positif virus corona dan 5 orang meninggal dunia karena virus tersebut.

Ketika “Lockdown” diterapkan di suatu negara untuk mengatasi penyebaran COVID-19 (virus corona), bukan hanya dampak positif yang mereka dapatkan. Namun dampak negatif juga mereka rasakan, salah satunya berdampak pada fasilitas umum yang mereka miliki.

Berikut ini dampak lockdown pada fasilitas umum yang sudah terjadi di beberapa negara tersebut.
Moda Transportasi Umum

Semua jenis moda transportasi umum di kota Wuhan dan provinsi Hubei, China ditutup total sejak 23 Januari. Termasuk moda transportasi darat, udara dan laut, seperti bus, kereta api, penerbangan, dan layanan feri. Selain itu, masyarakat sekitar juga diizinkan meninggalkan kota/provinsi tanpa izin pihak berwenang.

Perkantoran dan Sekolah

Karyawan dan murid-murid sekolah pun terkena imbas dari dari lockdown yang dilakukan negaranya. Mereka diliburkan dan diperintahkan untuk tetap berada di rumah serta menghindari berada di tempat keramaian. Hal ini mereka lakukan untuk menghambat dan tidak memperluas penyebaran virus corona.

Pusat Pembelanjaan (Pasar/Toko)

Pusat pembelanjaan menjadi fasilitas umum lainnya yang berdampak karena lockdown diterapkan. Di Hubei, warganya mengaku kesulitan mendapatkan bahan-bahan pokok. Apabila mendapatkan barang tersebut, pastinya harga akan lebih mahal dari harga sebelumnya. Selain itu, pasokan akan terhambat akibat penerapan lockdown.

Destinasi Wisata

Dengan menerapkan lockdown, di beberapa yang biasanya dikunjungi banyak pengunjung di destinasi wisata mereka, akan mengalami penurunan dratis. Seperti di Italia, saat menerapkan lockdown, sejumlah destinasi wisata yang menjadi favorit di sana dilaporkan kosong tidak ada pengunjung.

Comment here