ArtikelBeritaNasionalRekomendasiTahukah Kamu

Ini Lho Penyebab Fenomena Maraknya Ular Kobra

Ular kobra yang ditangkap petugas pemadam kebakaran. foto: Jabar.suara.com

Moslemjourney.com – Pasti Sobat Mojou akhir-akhir sering lihat berita mengenai maraknya anak ular kobra yang berkeliaran di pemukiman padat penduduk seperti yang terjadi di daerah Depok dan Bekasi. Walau masih kecil berupa anakan, anak ular kobra disebut-sebut sama berbahayanya dengan sang induk. Malah, anak ular kobra lebih berbahaya karena belum bisa mengontrol bisa yang keluar dari tubuhnya.

Banyaknya anak ular kobra yang mendekati pemukiman saat ini sebenarnya wajar terjadi. Musim penghujan seperti sekarang merupakan waktu yang tepat bagi induk kobra betina untuk menetaskan telur kobra. Jadi, fenomena yang terjadi adalah siklus alami ular kobra.

Di sisi lain, induk kobra memiliki daya adaptasi yang bagus. Jadi bisa dibilang, induk kobra bisa bertelur di mana saja terutama di tempat dengan suhu yang hangat agar anak ular tetap hidup. Tapi utamanya kobra hidup di tempat lembab, daerah persawahan, pekarangan dan bahkan di sekitar rumah.

Selain daerah pemukiman, lahan pertanian juga menjadi sasaran empuk induk kobra untuk bertelur. Apalagi, dalam lahan pertanian biasanya dijumpai banyak tikus yang berkeliaran. Hal tersebut dinilai induk kobra sebagai pemasok makanan utama bagi dirinya.

Dalam setahun, ular kobra dapat bertelur minimal satu kali. Tapi jangan salah, sekali bertelur induk kobra dapat menghasilkan 10 sampai 20 butir telur tergantung dengan ukuran si induk. Nah, setelah bertelur induk ular tidak akan mengeraminya. Melainkan membiarkan telur tersebut menetas sendiri di sarang.

Mengenai pengeraman, kalau ayam mengerami telurnya selama 21 hari, berbeda halnya dengan ular kobra. Periode pengeramannya hingga masa penetasan bisa mencapai dua bulan lebih. Bahkan terkadang masa pengeraman berlangsung sampai empat bulan.

Ular kobra juga akan tetap berada di sarangnya sampai sekitar satu sampai dua hari setelah menetas. Lebih lanjut, sampai usia sebulan anak ular juga tidak akan makan. Jika usianya sudah lebih dari sebulan, satu per satu anakan ular kobra akan keluar dari sarang untuk bermigrasi.

Nah, itulah penyebab mengapa saat ini banyak dijumpai anak ular kobra yang menyerbu pemukiman. Jadi, sebenarnya anak-anak kobra tersebut tidak meneror warga. Tapi sedang mencari tempat bernaung.

Comment here